Senin, 18 Februari 2013

Sejauh Mana Persiapan Tes IELTS Anda



Ada banyak orang yang membenci IELTS test karena mereka tidak mengerti, atau mereka tidak mendapat nilai yang memuaskan saat melakukannya, dan karenanya mereka tidak mendapat pekerjaan yang mereka inginkan, atau bersekolah di universitas yang mereka incar. Berita yang tidak menyenangkan tentunya. Berikut ini adalah beberapa saran untuk anda yang tengah mempersiapkan untuk mengikuti  IELTS test, agar anda bisa mendapatkan hasil yang memuaskan.

Perlu diingat bahwa semua saran yang dituliskan disini bersifat personal dan ini adalah mengenai bagaimana cara kita belajar dan bukan daftar tips untuk tesnya sendiri. Tentu saja ada beberapa tips seperti itu didalamnya, namun bukan yang utama.

  • IELTS menguji kemampuan berbahasa Inggris – temui seorang pengajar bahasa Inggris.
Cara terbaik untuk mempersiapkan diri anda sebelum melakukan IELTS test adalah dengan mempelajari bahasa Inggris secara general dengan baik. Hal ini sangat penting untuk dilakukan, namun terkadang para peserta tes justru melupakannya. Mereka mempersiapkan diri mereka untuk mengikuti tes dengan mempelajari berbagai tips dan strategi, mempercayai bahwa itu adalah hal terbaik yang dapat mereka lakukan untuk bisa mendapat hasil yang memuaskan. Tapi sebenarnya tidak bisa seperti itu. Tips dan strategi tersebut hanya dapat bekerja dengan baik jika kemampuan berbahasa Inggris anda juga cukup baik.

Meski mempelajari sendiri adalah hal yang baik, namun terkadang untuk alasan-alasan tertentu kita juga memerlukan bantuan dari seseorang yang tingkat kemampuan berbahasa Inggrisnya lebih baik dari kita. Tidak perlu orang yang benar-benar selalu berbahasa Inggris dalam kesehariannya, tapi seseorang yang mengerti betul aturan-aturan tata bahasa dalam berbahasa Inggirs. Ia diperlukan untuk mengoreksi dan member saran mengenai kemampuan berbahasa Inggris yang anda miliki.

  • Belajar dari kesalahan
Ini adalah hal yang paling mendasar dari mempelajari bahasa. Anda pasti pernah melakukan kesalahan, sebenarnya ini tidak masalah. Masalahnya adalah jika anda terus saja melakukan kesalahan tersebut. Yang anda perlu lakukan adalah membenarkannya – sering kali hal ini tidak terjadi karena orang-orang biasanya berlatih dengan memperkatikan kuantitasnya bukan kualitas. 
Bagaimana kita dapat membenarkan kesalahan yang telah kita perbuat?
  1. Temui seorang guru yang dapat memberitahu anda dimana letak kesalahan anda dalam berbahasa Inggris. Dan buat sebuah daftar kesalahan-kesalahan yang telah anda perbuat.
  2. Dengan kemampuan anda, jika anda terus berlatih keras, tetaplah untuk melakukannya. Hal ini berlaku untuk tes speaking, writing, reading dan juga listening. Lakukan latihan tes. Periksa hasilnya. 
Lihat kunci jawaban. Lihat dimana saja letak kesalahan anda. Lakukan latihan tes lagi. Tidak masalah jika anda melakukannya tidak dalam kondisi yang sama dengan saat IELTS test yang sebenarnya. Walau bagaimana pun, pasti ada sesuatu yang anda pelajari dengan melakukan hal ini.

  • Satu-satunya yang perlu anda lakukan adalah menjawab pertanyaan
Anda dapat dengan mudah menemukan berbagai website dan buku-buku yang berisi tentang tips dan trik untuk dapat melakukan IELTS test dengan baik. Hal itu juga yang ada dapatkan di website ini. Namun sebenarnya, satu-satunya hal yang perlu anda lakukan saat mengikuti IELTS test adalah membaca/mendengarkan pertannyaan dan menjawabnya. Anda mungkin akan terkejut dengan seberapa banyak masalah yang dapat anda selesaikan dengan hal ini. Anda harus ingat bahwa ini adalah tips untuk dapat melewati tes bukan tes yang sesungguhnya. Apa yang anda lakukan sebelum mengikuti tes bisa saja berbeda dengan kenyataannya dalam tes yang anda ikuti nantinya.

  • Sadarilah bahwa setiap orang itu berbeda – berhati-hatilah dengan janji-janji palsu
Anda mungkin kenal dengan seseorang yang dapat meningkatkan nilai hasil IELTS test -nya hanya dalam waktu satu bulan saja. Mereka yang tadinya berada di band 6, secara mengejutkan naik ke band 7. Hal ini memang benar-benar pernah terjadi, namun yang jadi masalah terkadang para calon peserta IELTS test melihat hal ini kemudian jadi berpikir bahwa mereka juga hanya butuh beberapa minggu saja untuk dapat meningkatkan hasil IELTS test mereka. Namun kenyataannya, mungkin anda tidak seberuntung mereka.

Sekali lagi ditekankan bahwa IELTS test adalah tes untuk menilai kemampuan berbahasa Inggris anda. Untuk mempelajari bahasa Inggris, cepat atau lambatnya seseorang dapat mempelajarinya itu tergantung pada kemampuan daya tangkap mereka masing-masing.

  • Pelajari bahasa Inggris, bukan hanya latihan dari kumpulan pertanyaan saja
Bahasa adalah sebuah skill. Skill perlu untuk terus dilatih, namun ia juga perlu dilatih dengan cara yang tepat, oleh karena itu yang diperlukan disini adalah kualitas, bukan kuantitas. Sayangnya kebanyakan orang lebih percaya bahwa dengan terus berlatih, berlatih dan berlatih maka selesai. Anda tidak akan berhasil jika yang anda lakukan hanya mengulang-ulang menjawab pertanyaan dari buku-buku kumpulan pertanyaan saja. Dengan cara ini kemampuan berbahasa Inggris anda mungkin akan meningkat, namun perlu waktu yang lama.

  • Melakukan persiapan untuk IELTS test tidak sama dengan saat mengerjakan IELTS test itu sendiri
Apa yang anda lakukan sebelum melakukan IELTS test dan saat anda melakukan IELTS test itu sendiri adalah dua hal yang berbeda. Pada saat anda melakukan IELTS test,  hanya ada satu hal yang harus anda pikirkan: baca/dengarkan pertanyaan dan jawab. Jika anda berpikir tentang hal lain selain itu, artinya anda tidak berkonsentrasi penuh untuk menunjukan kemampuan berbahasa Inggris anda. Semua kemahiran lain seharusnya secara otomatis akan mengikuti anda: jangan membuang-buang waktu anda dengan memikirkannya, cukup kerjakan saja tes-nya.

Yang perlu and alakukan sebelum melakukan tes adalah melatih semua kemahiran yang diperlukan dengan seksama. Saat anda melakukan latihan ini, mungkin anda akan menemukan bahwa anda mengerjakan seluruh soal dengan lambat karena hal ini masih baru untuk anda. Tidka perlu khawatir. Ini artinya anda belum benar-benar siap untuk mengikuti IELTS test. Jika anda terus berlatih dan berlatih terus, maka ini adalah proses yang baik untuk anda.

  • Pelajari bahasa Inggris, jangan hanya menghafal saja
Anda sedang terburu-buru. Anda harus mengerjakan IELTS test ini secepatnya. Apa yang harus anda perbuat? Anda tinggal mencari beberapa contoh esai dan mempelajarinya atau anda mencari contoh pertanyaan tes area speaking dan mempelajari apa yang akan anda katakana nanti. 

Maka kemudian hal ini akan menjadi sebuah kesalahan BESAR. Kenapa? Karena:
  1. Penguji akan mengetahui bahwa anda tidak menggunakan bahasa anda sendiri. Walau bagaimana pun penguji akan menyadarinya dan tindakan anda ini akan disebut sebagai bentuk kecurangan. Tentu saja nilai yang anda dapatkan pun tidak akan memuaskan.
  2. Mungkin anda telah mempelajari jawaban dari pertanyaan yang terlihat mirip dengan materi latihan anda, tapi bukan itu pertanyaannya. Ini bencana. Anda kemungkinan besar tidak menjawab pertanyaan yang diajukan dengan benar. Dan dengan ini, anda pun akan kehilangan beberapa poin, yang mana tentu saja akan berpengaruh pada hasil akhir tes anda.
  3. Anda mungkin merasa gugup. Pada saat menjalankan IELTS test, anda mungkin merasa berada dibawah tekanan. Pada saat seperti ini biasanya akan sulit untuk anda mengingat apa yang ditulis oleh orang lain, berbeda dengan jika anda menuliskan apa yang ada dalam pikiran anda sendiri.
  • Mempelajari bahasa Inggris secara general
Memang benar, ada topik khusus yang berbicara tentang materi IELTS. Memang benar bahwa anda dapat memprediksikan pelajran bahasa Inggris seperti apa yang perlu anda pelajari. Namun pengalaman membuktikan bahwa hanya berkonsentrasi pada satu materi tertentu seperti ini justru merugikan. Sebenarnya ini tergantung pada pribadi masing-masing, namun kebanyakan para peserta IELTS test yang sukses mendapat hasil yang memuaskan adalah mereka yang memang memiliki ketertarikan khusus terhadap bahasa Inggris. Kenapa? Karena mereka tertarik , maka mereka akan dengan senang hati mempelajarinya dan akan mudah untuk mereka ingat.

Sebaliknya, para peserta yang hanya mempelajari materi IELTS test saja, mereka kemungkinan akan bosan atau bisa jadi malah tidak mengerti mengapa mereka harus belajar bahasa Inggris. Ini tergantung pada pribadi mereka masing-masing, namun biasanya orang yang telah jenuh atau tidak menemukan alasan untuk meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris mereka, tidak akan dapat meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris mereka.

  • Pelajari format IELTS test
Nampaknya hal ini terlalu sepele, namun ini perlu anda lakukan. IELTS Test memiliki format yang agak berbeda dengan tes lain semacamnya, oleh karena itu pelajari lah.

IELTS Kampung Inggris Pare
Belajar IELTS
Extract picture from Vanderbilt University