Selasa, 19 Februari 2013

Gunakan Teknologi: Belajar IELTS

Saat anda harus mempelajari tes Reading, Writing, atau Listening IELTS, boleh jadi anda tidak sepenuhnya memerlukan bantuan orang lain, tapi bagaimana dengan tes Speaking? Apakah cukup hanya dengan berbicara pada cermin?

Salah satu ide yang bisa anda gunakan adalah dengan menggunakan MP3 player yang dapat merekam suara. Alat ini dapat membantu anda menyadari dan mengakui kelemahan anda: pengucapan yang buruk, jeda antar kata yang terlalu lama, dan kalimat yang super-panjang dan membingungkan. Yang harus anda lakukan hanyalah berbicara dalam beberapa topic, rekamlah suara anda, dengarkan, dan analisa kemudian. Sangatlah penting untuk mengetahui semuanya kelemahan anda, sehingga anda dapat memperbaiki dan meningkatkannya. Buatlah daftar hal-hal yang memerlukan pengembangan dan lihatlah setiap saat sebelum anda mulai berbicara.

Berbicara dengan partner yang nyata tentu lebih baik, tetapi jika anda hanya sendiri sebuah MP3 player adalah solusi yang tepat. Keuntungan lainnya adalah anda dapat menggunakannya untuk berlatih listening – isilah dengan audio books dalam bahasa Inggris atau tes Listening IELTS yang sudah anda download dari internet dan bawalah bersama kemanapun anda pergi. Cara ini membuat anda tidak menghabiskan banyak waktu untuk tidak berlatih – saat menyetir, makan siang atau berjalan santai dapat dilakukan sambil mendengarkan suara dalam bahasa Inggris melalui MP3 player.

Ide lainnya adalah dengan mempersiapkan tes Speaking IELTS menggunakan Skype – sebuah piranti lunak yang sangar popular yang memungkinkan anda berbicara dengan orang lain yang juga memiliki piranti Skype. Yang anda butuhkan hanya memasangnya pada computer anda dan teman anda, memasang satu set headphone dan mikrofon dan telepon teman anda menggunakan Skype. Anda pun dapat melakukan panggilan internasional, bicaralah selama yang anda suka, kualitas suaranya pun cukup baik dan tidak memerlukan banyak biaya!