IELTS: Bagaimana Cara Belajar Dari Kesalahan? | Belajar IELTS

IELTS: Bagaimana Cara Belajar Dari Kesalahan?

Posted On //

IELTS Kampung Inggris Pare
Tidakkah menyenangkan belajar dari kesalahan orang lain? Salah satu kesalahan yang sering dilakukan dalam mempersiapkan IELTS adalah hanya mempelajari satu dari empat aspek yang diperhitungkan. Misalnya hanya mempelajari tentang Writing dan melupakan bagian lainnya – Listening, Reading, dan Speaking.

Ada beberapa alasan mengapa seseorang melakukan kesalahan yang demikian, mereka cenderung melakukan hal yang mereka kuasai dan menghindari hal yang tidak mereka kuasai. Jika seseorang menguasai Writing, maka sangatlah mudah baginya untuk menulis sebuah essai dan surat dan menyingkirkan subyek yang sulit dan menakutkan lainnya. Atau hal sebaliknya – mereka berasumsi bahwa mereka cukup menguasai Writing dan berkonsentrasi pada hal lain yang menurutnya memerlukan peningkatan dan melupakan mengasah kecakapan Writing.

Ada banyak alasan untuk tidak melakukan hal tersebut di atas. Pertama, dalam banyak hal anda diminta untuk meraih skor yang baik di setiap sub-tes, atau setidaknya pada dua sub-tes. Artinya anda tidak boleh merasa puas dengan rata-rata yang bagus, karena anda memerlukan skor 7 pada dua sub-tes apapun yang terjadi.

Kedua, saat anda mengharapkan rata-rata yang bagus sementara berkonsentrasi pada satu atau dua sub-tes, kesempatan anda tak akan tampak baik. Seluruh sub-tes dalam IELTS memiliki beban yang sama, maka jika anda memperoleh skor 8 dalam Reading, 4 dalam Listening, 8 dalam Writing, dan 4 dalam Speaking, rata-rata skor anda adalah 6 (matematika sederhana). Jika anda berpikir lagi, cukuplah sulit untuk meraih skor 8 dalam Reading dan writing, seberapa pun kerasnya anda berusaha. Itulah sebabnya belajar sedikit lebih keras untuk seluruh sub-tes menjadi jauh lebih masuk akal dan terbayar. 

Akhirnya, saran untuk anda – bagilah waktu anda ke dalam empat bagian yang sama (atau hamper sama) dan berlatihlah dalam IELTS Listening, Reading, Writing dan Speaking tanpa membuat pengecualian.

Anda bisa menggabungkan 2 subyek dalam satu hari, misalnya, berlatih dalam Reading selama satu jam lalu mempelajari Writing satu jam selanjutnya. Cara belajar demikian cukup membantu mereka yang hendak melakukan tes IELTS – semoga membantu anda juga.

IELTS Kampung Inggris
Belajar IELTS
Extract picture from Pixmac-com