Pembuka Esai, Penting ! | IELTS Eddy Suaib

Pembuka Esai, Penting !

Posted On //
Berikut ini adalah hal-hal yang harus diperhatikan saat menulis IELTS Writing Task 2 introduction, sebagai contoh dalam paragraf pertama pada esai IELTS. (dalam IELTS Writing Task 2 kalian harus menulis sebuah esai sepanjang 250 kata atau lebih tentang suatu topik tertentu).

Secara umum, IELTS Writing Task 2 introduction yang kalian tulis harus berisi:
  1. Perkenalan terhadap topik yang akan kalian tulis dan alasan mengapa topik itu anda anggap penting
  2. Indikasi akan seperti apa isi esai anda
Tergantung pada tipe pertanyaan untuk esai IELTS anda dan juga gaya tulisan ada, perkenalan esai anda bisa juga berisi:
  • Pernyataan tentang pandangan-pandangan berbeda dari topik tulisan anda
  • Pendapat anda tentang topik tersebut
Untuk menunjukan apa yang dimaksud, berikut ini contoh esai IELTS Writing Task 2 (diambil dari buku Official IELTS Practice Materials):

Television is dangerous because it destroys family life and any sense of community; instead of visiting people or talking with our family we just watch television.

Sampai sejauh mana Anda setuju atau tidak setuju dengan pendapat ini?
Contoh pengenalan esai:

A big part of many people’s lives these days is spent watching television. The average adult can routinely watch two or three hours a day, while many children spend the equivalent of a working week in front of the television. The question is whether or not this development is harmful to families and/or communities.


Seperti yang dapat anda lihat, dua kalimat pertama yang dapat dilihat dalam contoh diatas, tulis pengenalan terhadap topik yang akan anda bahas dan tulis juga mengapa topik tersebut anda anggap penting, lalu pada kalimat ketiga beri indikasi akan seperti apa isi esai yang anda tulis ini  jadinya. Jika anda membaca isi keseluruhan esai tersebut, anda dapat melihat bahwa esai tersebut akan berbicara tentang efek negatif, kemudian keuntungan dari televisi untuk keluarga dan komunitas.

Jadi kesimpulannya, ada beberapa informasi yang harus anda masukkan dalam perkenalan tulisan anda dan beberapa informasi yang dapat anda masukan juga jika anda mau. Jika anda belum lama ini sempat menulis sebuah esai IELTS Writing Task 2, anda dapat kembali melihat kalimat pembuka yang anda buat untuk melihat informasi apa saja yang anda tuliskan.

Artikel Terkait