Sabtu, 23 Februari 2013

Frasa "Down the Pan"

Jika sesuatu hal menjadi  'down the pan' atau  'down the toilet' maka itu artinya hal tersebut tersia-siakan atau rusak.

Contoh:
  • Mike had great dreams of becoming a rock guitarist, but they went down the pan when he injured his hand.
  • I'm afraid all that careful preparation we did for Meerka's surprise birthday party went down the pan when her sister told her about it.
  • He invested all his life's savings in a beautiful, antique car but everything went down the pan when he crashed it the next day.

Frase yang kata-katanya agak mirip dengan frase ini adalah 'out of the frying pan, into the fire', yang memiliki arti beralih dari situasi yang buruk ke situasi yang bahkan lebih buruk lagi.

Contoh:
  • Studying for my MA was really difficult and stressful, but then I really went out of the frying pan into the fire when I graduated and realised there were no good jobs available.

Fakta menarik!
Di negara Inggris, kata 'toilet' bisa berarti kloset itu sendiri atau ruangan dimana kloset tersebut dipasang, dalam percakapan sehari-hari dengan orang Inggris anda juga mungkin sering mendengar mereka menggunakan kata-kata lain untuk menyebut 'toilet' seperti 'loo', 'lav' atau 'john'. Kata slang  'dunny' juga cukup poluler digunakan oleh orang Australi untuk menyebut 'toilet', sementara orang Amerika lebih sering menggunakan sebutan yang lebih sopan seperti 'bathroom' atau 'restroom'. Di Filipina ini bahkan digunakan kata yang lebih terdengar sopan lagi, yaitu 'comfort room', atau disingkat 'CR'.
Ref. www.bbc.co.uk