Senin, 18 Februari 2013

Dalam IELTS, Skimming Itu Penting

IELTS Kampung Inggris Pare
Sebuah pertanyaan, mana yang lebih mudah dibaca pada tes IELTS? Paragraf atau menyelesaikan keseluruhan artikel panjang?

Jika anda memilih paragraf, disarankan agar anda mempertajam kecakapan skimming anda. Skimming adalah sebuah kecakapan membaca teks dengan CEPAT untuk mencari maknanya. Jika anda belajar melakukannya, maka anda seharusnya dapat segera memilih paragraf mana yang memiliki jawaban untuk setiap pertanyaan.

Jika anda tidak bisa, maka anda membuang waktu membaca seluruh artikel untuk mencari kata kunci. Anda mungkin mengira akan menghemat waktu dengan tidak membaca CEPAT keseluruhan teks, namun pada akhirnya anda akan menghabiskan lebih banyak waktu mencari kata kunci.

Masalah pada Reading IELTS adalah bahwa teks-nya cukup panjang (sekitar 2700 kata) dan terkadang satu paragraph panjangnya bisa terdiri dari 200an kata. Solusinya adalah perhatikan kecakapan membaca anda saat berlatih.

Jika anda hanya melakukan cara “coba dan temukan jawabannya”, maka anda akan mudah sekali membuat kesalahan. Sangatlah disarankan agar anda melatih kemampuan skimming anda untuk memahami dan mengetahui maksud teks tersebut. Juga disarankan anda melatih kemampuan scanning – mencari kata-kata tertentu dan potongan informasi dalam teks.

Awalnya cara ini mungkin terasa menghabiskan waktu, namun pada akhirnya anda akan menemukan bahwa anda dapat membaca lebih efisien dengan cara ini. Mempelajari kecakapan ini memungkinkan anda mengidentifikasi bagian teks mana yang memunculkan jawaban dan anda akan menghemat lebih banyak waktu dengan cara ini. Lalu yang harus anda lakukan adalah membaca teks dengan teliti untuk menemukan jawabannya. 

"Meningkatkan Kemampuan Membaca dengan teknik skimming"
Pada dasarnya, skimming menjadi bentuk paling mendasar dari teknik membaca. Alasan melakukan teknik skimming adalah karena kita tidak perlu untuk mengerti keseluruhan isi dari bacaan yang kita baca, melainkan kita hanya perlu untuk menangkap maksud dari bacaan tersebut secepat mungkin. Untuk itu, materi skimming, seperti dengan membaca index, subjek judul dan sub judul, memberikan kesempatan untuk anda mempersiapkan diri anda, maka jika tiba saatnya, anda dapat selangkah lebih maju dan membaca dengan cepat – karena anda telah familiar dengan bacaannya. Sehingga akhirnya, kecepatan membaca anda secara general akan meningkat.

Selain itu, skimming juga dapat membuat anda dapat secara langsung mengerti isi keseluruhan dari teks bacaan. Ditambah dengan kecepatan anda menangkap isi dari bacaan. Perpaduan antara kedua hal ini akan membuat anda lebih mudah untuk mengerti apa yang anda baca.

Hampir dapat dipastikan bahwa skimming akan dapat meningkatkan kemampuan membaca anda. Namun pada awalnya anda harus mengetahui bagaimana cara skimming yang benar. Berikut ini adalah beberapa hal yang perlu diperhatikan saat membaca dengan melakukan teknik skimming:
  • Baca indeks bacaan – perlu dicatat bahwa hal ini sangat penting karena dengan melakukan hal ini maka kita akan dapat mengerti ide general dari bahan bacaan tersebut,
  • Baca paragraf perkenalan pada bacaan tersebut,
  • Baca setiap judul dan sub judul dari bacaan tersebut,
  • Baca paragraph pertama yang berada dibawah setiap judul dan sub judul yang ada dalam bacaan tersebut,
  • Baca kalimat pertama dan terakhir daro paragraph pertama dan terakhir dari setiap halaman,
  • Baca kalimat pertama dan terakhir dari setiap paragraf;
  • Baca paragraph terkahir dari teks bacaan – biasanya diparagraf terakhir terdapat singkasan atau kesimpulan dari bacaan tersebut.
Selanjutnya, ketika melakukan skimming, cobalah untuk mempergunakan keluasan pandangan anda untuk dapat mengenali ide utama dari teks bacaan, yang paling penting adalah tanggal-tanggal yang terdapat dalam teks dan berbagai ilustrasi, diagram serta grafik.

Ketika anda melakukan skimming, mulai lah untuk membaca dri awal dan terus hingga ke akhir bacaan. Jangan pernah melihat kembali apa yang telah and abaca sebelum ada selesai membaca teks bacaan tersebut hingga akhir.

Perlu diingat, bahwa terknik skimming tidka dimaksudkan untuk  mengganti metari bacaan. Hal ini dilakukan untuk membuat anda mengerti teks bacaan sehingga anda dapat benar-benar siap untuk melihat kembali ke teks bacaan tersebut kemudian.

IELTS Kampung Inggris Pare
Belajar IELTS Pare
Extract picture from bbc.co.uk