Biasakan "Note-Taking", Skor "Listening" Naik | IELTS Eddy Suaib

Biasakan "Note-Taking", Skor "Listening" Naik

Posted On //
Mayoritas dari kita melakukan teknik pembuatan catatan sama persis seperti apa yang telah kita pelajari atau kembangkan di sekolah. Pada saat itu tujuan kita adalah untuk memperoleh pengetahuan yang dapat kita baca kembali pada saat tes. Sebagai orang dewasa, saat ini tujuan kita membuat catatan agak berbeda. Meskipun sama-sama ingin mendapat pengetahuan atau informasi, tujuan akhir dari pembuatan catatan ini bukan lagi untuk tes, namun mengaplikasikan apa yang telah anda pelajari.

Seperti hampir semua hal dalam hidup, ketika anda merubah tujuan anda, anda mungkin terpikir untuk merubah juga teknik yang anda gunakan. Berikut ini adalah beberapa cara yang dapat anda gunakan untuk membuat teknik pembuatan catatan (Note-Taking) anda menjadi kemampuan yang lebih bernilai dan sangat berguna di saat anda menyelesaikan ujian IELTS:

Dimulai dengan pemikiran terakhir
Dimulai dengan mengerti kenapa anda harus membuat catatan. Anda harus melakukan pembuatan catatan ini karena anda tau apa dan bagaimana anda akan menggunakannya. Dengan memiliki pemikiran seperti ini anda akan dapat membuat catatan dengan benar, tanpa berakhir dengan menuliskan semua hal.

Menurunkan linearitas
Mayoritas orang-orang membuat catatan dengan menuliskan kata-kata yang sama persis dengan informasi yang didapat. Tidak semua pelajaran, percakapan atau rapat benar-benar mengikuti pola aturan yang telah ada. Buatlah catatan yang tidak selalu sama persis dengan kata-kata dari informasi yang didapat. Anda memang perlu untuk membuat daftar poin-poin informasi utama yang anda dapat, namun anda juga dibebaskan untuk memberikan komentar atau pemikiran anda dalam catatan tersebut.

Menangkap Ide
Pada saat anda berada dalam sebuah workshop atau pembicaraan, ide-ide baru mungkin saja berdatangan. Hal ini mungkin terkait dengan situasi yang ada, oleh karena itu anda bisa saja mencatat ide yang anda dapat pada saat itu juga.

Melakukan tindakan
Hal yang anda diskusikan, pelajari dan catat mungkin memiliki tujuan spesifik tertentu yang merupakan langkah awal dari tindakan yang akan anda lakukan. Jika anda membuat catatan dalam sebuah rapat atau percakapan personal, catatan ini mungkin dapat anda jadikan sebagai bukti. Dengan membuat catatan ini mungkin anda berpikir untuk melakukan langkah atau tugas baru. Tulislah dengan seksama dan jangan sampai anda menghilangkannya.

Membangun jalan pintas
Anda akan menemukan bahwa jika anda menggunakan singkatan, atau mencatat dengan tulisan tangan anda sendiri, hal ini akan membuat pembuatan catatan ini menjadi lebih mudah dan cepat. Karena anda mungkin tidak akan membagi catatan anda dengan orang lain, catatan yang anda buat bisa saja dibuat dengan sangat personal. Metode ini akan membuat kecepatan pembuatan catatan anda meningkat.

Memiliki format
Anda mungkin akan menemukan bahwa mengembangkan format general akan membuat pembuatan catatan yang anda lakukan menjadi lebih mudah, atau bahkan lebih menyenangkan. Ada dapat membagi sebuah kertas catatan kedalam dua kolom. Pada kolom sebelah kanan anda menulis catatan dengan normal dan di kolom sebelah kiri anda menuliskan ide yang anda pikrikan saat membuat catatan tersebut.

Pengkajian dan Ringkasan
Mungkin mayoritas dari hal-hal penting yang dapat anda lakukan muncul setelah anda melakukannya. Sediakan waktu beberapa menit untuk mengevaluasi catatan yang anda buat dengan menambahkan beberapa kata atau frase yang akan membuat catatan anda menjadi lebih jelas. Proses pengkajian ini akan membantu anda untuk mengingat kembali dan membuat catatan yang anda buat menjadi lebih membantu.

Artikel Terkait