Sumber Leksikal IELTS | IELTS Eddy Suaib

Sumber Leksikal IELTS

Posted On //

Apakah “sumber leksikal”? dalam satu kata yaitu kosakata dan adalah hal penting dalam IELTS Writing karena merupakan salah satu dari 4 kriteria penilaian yang berpengaruh pada skor anda. Berikut penjelasan ringkas tentang apa yang harus dilakukan dan tidak dilakukan untuk meningkatkan skor anda. Ada 4 area kunci yang perlu diperhatikan:

1. Bentangan Kosakata
Artinya anda perlu menggunakan kata yang berbeda dan tidaklah cukup untuk mengulang kosakata yang sama. Penguji memperhatikan juga seberapa “umum”kata-kata yang anda gunakan. Untuk meraih skor yang lebih tingi anda perlu menggunakan beberapa kosakata yang tidak biasa, tapi anda pun perlu menggunakan kata-kata tersebut dengan “tepat”. Sebuah kata yang panjang tidaklah baik jika bukan merupakan kata yang tepat.

Kesalahan Umum: mengulang kosakata yang sama sepanjang essai.
Solusi: sangat sangat mudah – sisakan waktu untuk memeriksa ulang tulisan anda. Salah satu yang bisa diperiksa adalah kata yang diulang. Solusi lainnya adalah merencakan kosakata yang akan anda gunakan sebelum anda memulai tulisan anda.
Kesalahan Umum: menggunakan kata yang tidak anda pahami. Kata yang panjang tidak lah baik jika tidak digunakan dengan tepat. Mulailah dengan kata-kata bahasa Inggris yang paling umum dan pelajari bagaimana cara menggunakannya dengan tepat.

2. Ejaan
Karangan merupakan persoalan ejaan yang baik. Untuk meraih skor 7 anda hanya boleh membuat kesalahan ejaan yang tidak disengaja. Lagi-lagi, solusinya adalah menjadikan ejaan sebagai bagian dari daftar edit anda jika anda bermasalah.

3. Kolokasi
Kolokasi merupakan suatu konsep yang sangat penting bagi setiap pembelajar bahasa. Secara sederhana artinya anda perlu membuat kombinasi kata anda dengan benar. Tidaklah baik membuat satu kata benar jika anda menuliskan kata yang mengikutinya salah.

Kesalahan Umum: kandidat mempelajari “kosakata IELTS” tanpa mengetahui bagaimana menggunakannya. Misalnya, “drawback” adalah kata yang sangat berguna dalam IELTS untuk menggantikan “disadvantage”. Namun, anda juga perlu mengetahui bahwa preposisi yang tepat antara “to” atau “ of”.
Solusi: saat anda mempelajari kosakata, jangan hanya pelajari satu persatu kata, tapi pelajari juga kombinasi kata.

4. Keluarga Kata
Terkadang sulit mengatakan perbedaan antara tata bahasa (grammar) dan  kosakata. Satu hal yang perlu anda lakukan adalah tidak hanya menggunakan kata yang tepat, tetapi juga bentuk kata yang tepat. Pada tingkat dasar artinya menuliskan “difference” saat anda memerlukan kata benda dan “different” saat anda memerlukan kata sifat.

IELTS Kampung Inggris Pare
Belajar IELTS
Extract picture from 123rf.com

Artikel Terkait