Kamis, 21 Februari 2013

Salah Satu Tehnik Baca Cepat: SQ3R

Anda tentu penasaran dengan judul artikel ini. Membaca sebuah bab dengan benar membutuhkan banyak waktu dari yang mungkin anda habiskan sekarang, namun cobalah metode SQ3R ini. Perlahan-lahan tambahkan sistem ini pada cara belajar anda. Bersabar dan beri waktu 2 minggu agar metode ini dapat membuat perbedaan. Awalnya, anda akan memerlukan banyak waktu menerapkannya.
Metode ini awalnya mungkin tampak berjalan lamban, namun hasilnya akan sangat terasa: anda akan mengingat lebih dari yang anda baca, dan anda tak akan membuang waktu mengulang pekerjaan yang telah anda selesaikan!
SQ3R Artinya:
Survey
Question
Read
Recite
Review

SURVEY BAB
Jangan baca babnya dulu! Lakukan langkah-langkah berikut terlebih dulu:
  1. Bacalah judulnya – persiapkan pikiran anda untuk mempelajari subyeknya.
  2. Bacalah introduksi dan/atau ringkasan – pikirkan tentang cara bab ini memenuhi tujuan penulis, dan fokus pada pernyataan penulis tentang hal-hal yang paling penting.
  3. Lihat sepintas setiap titel dan sub-titel yang dicetak tebal – persiapkan pikiran anda sebelum mulai membaca – buatlah suatu struktur pikiran beserta detil yang akan ditambahkan.
  4. Lihatlah setiap grafik, bagan, peta, diagram, dll. Semua ada untuk mempertegas maksud – jangan lupakan mereka.
  5. Perhatikan bantuan bacaan – cetak miring dan cetak tebal menunjukkan bahwa sesuatu itu sangatlah penting
  6. Juga, obyektivitas bab tersebut dan pertanyaan di akhir bab semuanya disediakan untuk membantu anda memilah, memahami dan mengingat informasi.
QUESTION (Pertanyaan)
Jangan baca babnya dulu! Lakukan langkah-langkah berikut terlebih dulu:

Buatlah pertanyaan dari bacaan anda untuk membantu anda berpikir tentang materinya.
Lihatlah setiap bagian pada satu waktu dan ubahlah title yang dicetak tebal ke dalam sebanyak mungkin pertanyaan yang dapat anda perkirakan terjawab pada bagian tersebut. Semakin baik pertanyaannya, semakin anda memahami. Anda boleh saja menambahkan tambahan pertanyaan sambil anda melanjutkan. Saat pikiran anda dengan aktif mencari jawaban pertanyaan, maka anda sudah mempelajarinya! Ini juga cara terbaik memprediksikan pertanyaan tes.
Berikut sebuah contoh: jika suatu titel menyatakan”Parts of the Flower,” anda dapat membuat pertanyaan seperti: "What are the parts of a flower?" "Historic People" bisa jadi sebuah pertanyaan seperti "Name some historic people."
Buat sebanyak mungkin pertanyaan yang anda bisa.

READ (Baca)
Ok, sekarang waktunya membaca, tetapi ikuti dulu langkah-langkah berikut:

Sambil membaca, lihatlah jawaban pertanyaan yang anda tulis, dan tuliskan jawabannya pada catatan anda!
Baca setiap bagian bab sambil menyimpan pertanyaan anda. Cari jawabannya, dan catat pertanyaan yang tidak anda pikirkan akan terjawab pada bagian tersebut.

RECITE
Sambil anda membaca bab tersebut, anda sebaiknya melihat catatan anda.

Reciting berarti mempraktekkan dengan suara keras apa yang sudah anda baca. Betul! – bicaralah pada diri anda sendiri!
Setelah selesai membaca setiap bagian bacaan, berhenti, pikirkan pertanyaan anda, dan lihat apakah anda dapat menjawabnya dari ingatan anda. Jika tidak, bacalah kembali (sebanyak yang diperlukan) namun jangan melangkah pada bagian selanjutnya hingga anda dapat mengatakan apa yang sudah anda pelajari!

REVIEW (Ulangi)
Luangkan waktu 15 menit setiap harinya untuk mengulang catatan anda.

Saat anda telah menyelesaikan seluruh bab dengan menggunakan langkah-langkah di atas, kembali pada semua pertanyaan yang anda buat. Lihatlah apakah anda masih dapat menjawabnya. Jika tidak, bacalah kembali bab tersebut, berhati-hatilah menjawab pertanyaan anda sendiri.