Minggu, 24 Februari 2013

Waktu adalah Musuh Terbesar

Untuk sukses dalam tes IELTS, anda harus menggunakan waktu anda dengan bijaksana. Banyak peserta tes yang gagal dalam menyelesaikan paling tidak 1 sesi modul tes mereka. Tabel dibawah ini memperlihatkan berapa banyak waktu yang anda dapatkan saat melaksanakan tes IELTS.

Listening
  • Waktu total yang didapatkan per modul : 30 menit
  • Jumlah pertanyaan: 40
  • Waktu yang dapat digunakan untuk menjawab setiap pertanyaan: 75 menit

Reading 
  • Waktu total yang didapatkan per modul : 60 menit
  • Jumlah pertanyaan: 40
  • Waktu yang dapat digunakan untuk menjawab setiap pertanyaan: 67 menit

Writing
  • Waktu total yang didapatkan per modul : 60 menit
  • Jumlah pertanyaan: 2
  • Waktu yang dapat digunakan untuk menjawab setiap pertanyaan: 30 menit

Speaking
  • Waktu total yang didapatkan per modul : 11-15 menit
  • Jumlah pertanyaan: Tidak dibatasi
  • Waktu yang dapat digunakan untuk menjawab setiap pertanyaan: Tidak dibatasi

Seperti yang dapat anda lihat di tabel diatas, persoalan waktu dapat menjadi kendala yang cukup menyulitkan. Untuk mengatasinya anda harus dapat memperhitungkan waktu anda dengan baik. Alasan mengapa waktu menjadi hal penting adalah karena setiap pertanyaan memiliki pengaruh yang sama terhadap nilai IELTS anda nantinya. Jika anda kehabisan waktu pada saat mengerjakan pertanyaan di modul mana pun, setiap pertanyaan yang tidak berhasil anda jawab tentu akan berpengaruh buruk pada nilai tes IELTS anda.

Saat mengerjakan modul Reading, pertanyaan akan dibagi kedalam beberapa bagian, karena setiap pertanyaan memiliki pengaruh yang sama terhadap nilai IELTS anda dan pembagian pertanyaannya juga tidak diurutkan berdasarkan tingkat kesulitannya, maka anda dihauskan untuk cepat meneliti sendiri mana pertanyaan yang sulit dan mana yang mudah. Kerjakan pertanyaan yang anda anggap mudah terlebih dahulu. Biasanya kita akan banyak menghabiskan waktu ketika mengerjakan pertanyaan yang kita anggap sulit, saat itu ingatlah bahwa anda harus menjawab semua pertanyaan dengan cepat.

Gunakan jam saat anda melakukan tes IELTS, periksa jam anda saat awal tes (jika tersedia, gunakan fitur stopwatch pada jam anda), pastikan anda menggunakan waktu sesuai jadwal.

Modul Listening dan Reading biasanya akan memakan waktu anda lebih banyak, maka dari itu disiplinkan diri anda untuk dapat menjawab setiap pertanyaan di modul tersebut, misalnya 1 pertanyaan anda beri waktu pengerjaan 30 detik dan selebihnya. Jika anda merasa bahwa waktu yang anda gunakan meleset dari jadwal, percepat waktu menjawab anda. Lebih baik menjawab pertanyaan dengan jawaban yang salah karena terburu-buru dari pada anda tidak dapat menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut karena waktu anda telah habis.

Jika anda melewatkan beberapa pertanyaan yang anda anggap sulit maka perhitungkan kembali waktunya. Anda harus menambah kecepatan anda dalam menjawab pertanyaan-pertanyaan selanjutnya agar anda dapat kembali ke pertanyaan yang sulit tersebut sebelum waktu anda habis.

Jika setelah menyelesaikan setiap pertanyaan dengan cepat, ternyata akhirnya anda menjadi memiliki waktu lebih, periksa kembali jawaban anda, mungkin saja anda melakukan beberapa kesalahan saat menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut.

Pada saat mengerjakan modul Reading, jangan habiskan waktu anda dengan menikmati bacaan yang disediakan, cukup baca sekilas untuk mendapat ide pokok bacaan tersebut dan juga ide pokok dari setiap paragraf yang ada. Karena pada saat menjawab pertanyaan nantinya anda akan beberapa kali membaca lagi bacaan tersebut untuk mendapatkan ide jawaban dari pertanyaan-pertanyaan di bawahnya.