Cara Menyusun Jawaban "AC Writing Task 1" | IELTS Eddy Suaib

Cara Menyusun Jawaban "AC Writing Task 1"

Posted On //
Pada tes IELTS Writing Task 1 peserta akan diminta untuk melihat sebuah grafik, chart ataupun tabel dan menuliskan semua informasi yang terdapat didalamnya menjadi sebuah esai. Idealnya, orang yang nantinya akan membaca esai yang anda buat ini akan dapat menggambarkan grafik atau chart yang anda jelaskan, atau membuat tabel yang memiliki informasi yang sama dengan tabel yang anda jelaskan dalam esai yang anda buat.
Meski begitu, terkadang grafik atau chart atau tabel yang disediakan tidak selalu memiliki semua informasi yang anda butuhkan untuk menulis sebuah esai, dalam kasus seperti ini anda harus dapat mengatasinya dengan menyediakan sendiri informasi-informasi yang anda butuhkan. Perhatikan pertanyaan-pertanyaan dibawah ini:

T (Tanya): Apakah saya perlu menulis sebuah perkenalan?
J (Jawaban): Ya

T: Berapa banyak paragraf yang harus saya tulis?
J: Tidak masalah berapa pun jumlah paragraf yang anda tulis, namun jika anda hanya menulis satu paragraf saja, kemungkinan hal ini akan menyulitkan pihak penguji untuk mengikuti susunan tulisan anda; oleh karena itu akan lebih baik jika anda menuliskan dua atau lebih paragraf karena dengan begini tulisan anda akan dapat lebih terlihat tersusun. Cukup bagi informasi yang akan anda tulis menjadi dua atau lebih bagian.

T: Apakah saya perlu menuliskan sebuah kesimpulan?
J: Tidak. Anda tidak mendiskusikan apa pun disini, oleh karena itu anda tidak pelu menulis kesimpulan. Jika anda menuliskannya, hal ini kemudian akan ditandai karena tidak sesuai dengan tugas yang diminta.

Susunan esai yang anda buat akan lebih baik jika mengikuti kriteria ini:
- Perkenalan
- Isi paragraf 1
- Isi paragraf 2, dst
Catatan Penting: Dalam sesi training, saya melatih para siswa melakukan summarize yang tepat. Hal ini ditujukan karena semua petunjuk soal yang terdapat dalam Academic Writing Module 1 meminta Anda untuk membuat kesimpulan dari chart yang ada.

Artikel Terkait