Selasa, 26 Februari 2013

Mimpi terburuk Kandidat IELTS

Banyak orang yang frustrasi dengan hasil tes IELTS-nya dikarenakan oleh kesalahannya sendiri. Umumnya, mereka adalah kelompok orang-orang yang menunda persiapan IELTS hingga waktu paling akhir sebelum tes. Hal itu memang lumrah karena sudah menjadi ciri khas manusia untuk menunda sebelum mulai mengerjakan suatu proyek penting dalam hidupnya.

Jadi, silahkan baca dan pikirkan – apakah anda ingin berada di posisi dan merasakan kemarahan dan frustasi yang sama dengan kelompok tersebut? Dan jika tidak, apa yang bisa anda lakukan untuk menghindarinya?

Andaikan, anda sedang merencanakan untuk menjalani tes IELTS. Anda tahu anda memiliki waktu sekitar satu minggu untuk bersiap menghadapi tes tersebut. Tetapi anda selalu menundanya hingga satu hari sebelum tes dilaksanakan. Tak disangka, anda mencoba mengerjakan salah satu sampel tes Reading dan hanya menebak 3 jawaban salah. Anda pun kemudian mencoba tes Listening dan menebak 38 jawaban benar dari 40 soal. Boleh jadi, anda cukup percaya diri dengan latihan yang hanya satu kali ini.

Esoknya, tes yang sebenarnya. Anda diselubungi kabut tebal saat menghadapi tes IELTS. Soal tes-nya jauh lebih sulit ketimbang soal yang anda coba kerjakan pada satu kali latihan sebelumnya. Anda tidak dapat fokus pada bagian Listening. Bagian reading pun jauh lebih sulit dari yang anda perkirakan. Wacana pertama dan kedua sangat sulit, penuh dengan kata-kata yang sulit, kalimat yang kompleks dan menghabiskan waktu. Dan anda hanya dapat menggunakan waktu 10 menit terakhir untuk membaca dan menjawab wacana ketiga.

Sesungguhnya kelemahan anda terletak pada kecakapan menulis. Anda pun tidak terlalu baik dalam Speaking. Pada saat tes, anda tidak punya sama sekali ide untuk dikembangkan. Anda tidak menguasai topik yang disediakan untuk anda. Sehingga pada akhirnya anda hanya dapat menyalahkan diri sendiri dan frustasi karena tidak berusaha meluangkan dan berlatih jauh hari sebelum tes dilaksanakan.

Jadi, apalagi yang anda tunggu? Hit the books! Mulailah belajar untuk menghadapi tes IELTS!