Pastikan Karangan GT atau AC ! | IELTS Eddy Suaib

Pastikan Karangan GT atau AC !

Posted On //
Modul IELTS Academic dan General Writing sesungguhnya hampir sama saja. Tes manapun yang anda lakukan, anda memiliki waktu satu jam untuk menyelesaikan dua tugas. Adalah jenis tugas yang membedakan keduanya. Anda dapat melihatnya lebih jelas melalui tabel berikut:

General Writing
Tugas 1 : Minimal 150 kata
Menulis sebuah surat yang merupakan tanggapan terhadap sebuah situasi – informal, semi-formal, atau formal
Tugas 2: Minimal 250 kata
Menulis essai perorangan – dapat menggunakan gaya informal

Academic Writing
Tugas 1 : Minimal 150 kata
Menterjemahkan, menjelaskan, atauu membandingkan informasi yang ditampilkan dalam bentuk grafik –  diagram, grafik batang, grafik garis, grafik pie atau tabel
Tugas 2: Minimal 250 kata

Menulis sebuah essai dengan topik akademis yang umum – gaya formal
Pada keduanya, skor anda didasarkan pada tugas kriteria dasar:
  • Isi: Seberapa baik anda mempresentasikan argumen, ide dan bukti anda?
  • Kualitas: Seberapa efektif anda dalam mengkomunikasikan ide dan pemikiran anda?
  • Aspek Teknis: Seberapa benar grammar anda? Seberapa kaya kosakata anda? Seberapa macam kalimat anda?
Untuk melengkapi suatu tulisan yang teratur dan koheren, anda perlu meluangkan 2-5 menit untuk merencanakan. Selama waktu ini, anda dapat mempertimbangkan posisi yang akan anda gunakan, bagaimana anda memperluas topik dan cara anda mempresentasikan ide-ide anda. Anda hanya dapat melewatkan kegiatan perencanaan hanya jika anda memiliki sisa waktu yang sedikit. Pada situasi demikian, anda dapat langsung bekerja dengan tugas tersebut.

Tentu saja, grammar dan kosakata akan dinilai. Pastikan anda memeriksa kecocokan kata kerja, preposisi, urutan kata, pola kalimat, struktur kalimat, dan keluasan kosakata dalam tulisan anda. Hindari penggunaan kata kerja, kata benda, atau kata sifat yang sama lebih dari satu kali. Jangan menggunakan bahasa slang. Pada bagian Academik dalam IELTS, hindari kontraksi, yang merupakan cirri yang sangat nyata dari tulisan informal.

Artikel Terkait