Selasa, 19 Februari 2013

Bahasa IELTS

Sudah terbukti bahwa mereka yang sukses dalam IELTS adalah mereka yang termotivasi tak hanya demi lolos ujian tetapi juga demi mempelajari bahasa. Maka artikel ini adalah tentang bagaimana anda memotivasi diri untuk lebih mempelajari bahasa Inggris dan meraih skor ajaib tersebut. Sesungguhnya IELTS itu MEMBOSANKAN. Namun mempelajari bahasa Inggris bisa jadi menyenangkan dan lebih menarik. Menarik itu bagus saat belajar. Sedangkan membosankan tidaklah baik

Berlatih adalah kunci sukses meraih skor tinggi pada IELTS. Namun untuk berlatih dibutuhkan motivasi, apa yang hendak dilatih? Jika dalam mempersiapkan IELTS motivasi anda hanyalah meraih skor tinggi, maka anda akan kehilangan motivasi untuk mempelajari bahasa Inggris sebagai bekal menghadapi IELTS.

Salah satu cara anda bisa kehilangan motivasi adalah skor IELTS yang tidak berkembang dengan cepat. Fakta ini sangat alamiah. Skor dalam IELTS sangatlah luas dan seringkali memerlukan waktu berbulan-bulan untuk meningkatkan level anda. Sangatlah membantu jika anda mengetahuinya sejak awal. Bagaimana dengan mereka yang skornya meningkat dengan cepat? Untuk setiap kasus ada perbedaan, maka waspadalah.

1). Secara umum, jika anda adalah pengguna bahasa Belanda dan seorang wanita, maka anda mempunyai keuntungan. Bahasa Belanda dan bahasa Inggris adalah bahasa yang cukup mirip dan wanita cenderung menjadi pengguna bahasa yang lebih baik ketimbang pria. Jika anda adalah seorang pria pengguna bahasa Arab, anda masih dapat melakukannya. Hanya saja, anda memerlukan waktu yang sedikit lebih lama.
2). Beberapa orang meningkatkan skor mereka dengan cepat hanya karena mereka sudah memiliki semua kemampuan bahasa yang dibutuhkan. Mereka hanya memerlukan sedikit masukan saat ujian. Ujiannya pun cukup sederhana.
3). Beberapa orang meraih hasil yang berbeda dalam tes yang berbeda pula. Tidaklah berarti IELTS adalah tes yang buruk atau pengujinya melakukan kesalahan. Ungkapan itu dapat juga bermakna bahwa anda sedang mengalami hari yang baik atau sebaliknya. Hari yang baik dan sebaliknya pun ada dalam bahasa. Tugas anda memastikan hari terburuk anda masih cukup baik.

Rutinitas juga dapat membantu memotivasi anda. Cukuplah mudah untuk belajar jika anda adalah seorang yang sistematis dan tidak memulai sembarangan. Rutinitas anda haruslah sesuai dengan anda. Berikut beberapa ide yang dapat anda pertimbangkan:
  1. Realistis – jika rutinitas anda terlalu berat, anda akan mudah menyerah.
  2. Selingi rutinitas anda dan berilah diri anda waktu untuk beristirahat – rutinitas, kelamaan jadi membosankan.
  3. Pastikan anda melingkupi keempat aspek.
  4. Pertimbangkan melatih setiap aspek secara terpisah – terkadang anda kebingungan karena terlalu banyak belajar sekaligus.
  5. Berilah diri anda waktu untuk meninjau ulang – kembali ke awal sama pentingnya dengan terus melangkah maju.
  6. Bekerja secara singkat akan menghasilkan lebih baik ketimbang belajar berjam-jam sekaligus.