Selasa, 26 Februari 2013

Gambar Mendorong Kecakapan "Speaking"

Salah satu cara meningkatkan kecakapan anda menghadapi IELTS Speaking Part 2 – bagian yang panjang –  adalah dengan berlatih menjelaskan foto.

Sebaiknya menggunakan foto anda pribadi – karena pertanyaannya hampir selalu meminta anda menjelaskan pengalaman anda pribadi. Maka lihatlah gambar pada ponsel anda dan bayangkan saat foto tersebut diambil, mengapa anda memotretnya, siapa lagi yang ada di sana, dll. Jika anda melihat pertanyaan dalam ujian, inilah yang akan mereka pertanyakan.

Melihat gambar juga merupakan ide yang bagus karena membantu anda melihat detil. Dan jika anda dapat menjelaskan detilnya, maka anda akan hampir otomatis menggunakan bahasa yang lebih baik dalam ujian.

Saat anda menjalani ujian, tip yang terpenting adalah mencoba dan memvisualisaikan – artinya cobalah untuk “melihat gambar di kepala anda”. Anda akan melakukannya dengan lebih baik jika anda sudah berlatih dengan foto pribadi anda sebelumnya.

ww.weddysuaib.com

Topik Utama
Pada tes IELTS Speaking Part  2, anda bisa mencoba menyiapkan ide dari enam topik berikut ini:
  1. Jelaskan sebuah objek (hadiah, sesuatu yang anda gunakan, dll.)
  2. Jelaskan seseorang (seseorang yang anda puja, seorang anggota keluarga, dll.)
  3. Jelaskan sebuah kejadian/peristiwa (festival, perayaan,dll.)
  4. Jelaskan suatu aktivitas (misalnya hobi)
  5. Jelaskan sebuah tempat (suatu tempat yang pernah anda kunjungi, liburan,dll)
  6. Jelaskan kegemaran anda (buku/film/iklan/situs)
Pada umumnya pertanyaan yang diajukan akan berhubungan dengan salah satu topik di atas. Misalnya,”Describe a river, lake or sea which you like” untuk nomor 5 – anda dapat mengungkapkan kisah liburan di laut, atau sebuah kota yang memiliki sungai.

Jangan mengerjakan tes tanpa mempersiapkan beberapa ide untuk topik-topik di atas!
Tetapi kemudian anda pun bertanya-tanya, bagaimana sebaiknya anda menyiapkan topik-topik ini? Di mana anda bisa menemukan ide yang bagus?

Sebaiknya lakukan kedua hal berikut. Pertama, pelajari latihan speaking yang bisa anda peroleh dari buku latihan atau situs internet. Kedua, gunakan internet untuk melakukan penelitian lebih lanjut. Misalnya, jika anda menginginkan sebuah deskripsi tentang seseorang yang terkenal, bacalah tentangnya di Wikipedia dan catatlah ide kosakata yang paling bagus menurut anda.