Listening: Kecakapan, Bukan Bakat! | IELTS Eddy Suaib

Listening: Kecakapan, Bukan Bakat!

Posted On //
Seringkali bagian Listening menjadi masalah besar bagi anda dalam tes IELTS. Kemampuan mendengarkan anda dalam banyak hal belum dikembangkan dengan baik. Namun kabar baik bagi anda bahwa mendengarkan (listening) adalah kecakapan, bukan bakat. Artinya, setiap orang dapat mempelajari bagaimana mendengarkan dan memahami (hampir) setiap kata. Berikut mungkin bias membantu anda.

Yang biasanya terjadi:
Anda mendengarkan dan terdengar “Blablablablabla”, yang tak dapat anda pahami kata-katanya, dan karenanya menjadi tak masuk akal bagi anda. Terdapat suatu perbedaan yang sangat besar anda melihat sebuah kata yang dicetak di atas kertas saat anda membaca dan mendengarkannya. Jika anda melihat sebuah kata, tak berarti anda akan memahaminya saat anda mendengarkannya. Setiap kata yang telah anda baca, perlu anda dengarkan meski hanya satu kali.

Yang bisa dilakukan:
Anda perlu mengajari diri anda kata-kata tersebut.

Bagaimana melakukannya:
Saat berlatih, rekamlah suatu berita, kuliah, program televise, film atau contoh tes IELTS Listening dan bekerjalah dengannya.

Tip Listening #1 – gunakan sebuah transkrip
Gunakan sebuah contoh tes Listening IELTS – pilihlah dari semua tautan melalui internet. Anda membutuhkan tes yang memiliki transkrip. Pertama-tama, cobalah untuk hanya mendengarkan agar anda terbiasa dengan aksen pembicara. Lalu mulailah bekerja dengan rekaman tersebut dan sebuah transkrip: dengarkan rekaman, hentikan setelah beberapa kalimat dan gunakan transkrip untuk memastikan anda memahami setiap kata.

Tip Listening #2 – mengulang frasa
Anda dapat menggunakan rekaman apapun. Pertama, dengarkan, ingatlah apa yang dengar dan hentikan rekaman setelah setiap frasa. Bahkan jika anda tak memahami frasa tersebut, putarlah di kepala anda beberapa kali, seperti sebuah potongan rekaman “Tonight we have a special guest”, “Tonight we have a special guest”, “Tonight we have a special guest”.
 
Lalu katakan dengan lantang. Jika anda memahami frasa tesebut sebelumnya, latihan ini akan meningkatkan pengucapan anda. Jika anda belum memahami frasa tersebut sebelumnya, pengulangan ini akan memberikan anda kesempatan untuk mendengarkannya dengan lebih baik, mengetahui kata-katanya, dan memahaminya. Dan jika hal ini masih sulit, anda dapat mengulangnya dan mendengarkan frasa-nya kembali.

Artikel Terkait