Selasa, 26 Februari 2013

Pengaruh Nilai Setengah Pada Sesi Speaking IELTS

Sebagaimana telah anda ketahui, sesi Speaking pada IELTS saat ini diukur dengan cara yang berbeda sejak nilai setengah diperkenalkan. Anda mungkin bertanya – apa perbedaan Nilai 5.5 dan 6, apa yang harus saya tingkatkan untuk meraih nilai tambahan setengah? Berdasarkan pada situs resmi IELTS, inilah perbedaan antar band score pada tes Speaking:

Speaking Band 5.0
Para kandidat mencoba menjaga alur bicara tapi keragu-raguan mereka menghalangi. Respon yang diberikan seringkali pendek, kandidat mencoba menggunakan kata penghubung namun tampak dipaksakan. Hanya kalimat sederhana yang fasih, pada kalimat yang lebih kompleks perpaduan kata semakin memburuk. Terdapat pengulangan kata yang sama dan struktur kalimat yang sama. Ucapan kandidat kurang baik, termasuk penekanan kata yang salah.

Speaking Band 5.5
Kandidat memberikan jawaban-jawaban yang pendek, tidak berusaha berbicara lebih panjang. Menjawab pertanyaan sesuai dengan apa yang ditanyakan padanya. Ia sedikit ragu dan terkadang menggunakan kata penghubung yang salah. Kosakatanya sederhana namun cukup baginya untuk membicarakan subyek dengan jelas. Grammar pada kalimat-kalimat sederhananya cukup akurat, tapi masih ada beberapa kesalahan pada kalimat yang lebih kompleks, banyak kalimat yang tidak diselesaikan. Banyak kesalahan pengucapan kata.

Speaking Band 6
Kandidat berusaha berbicara lebih panjang, tidak selalu langsung menjawab pertanyaan. Ujarannya lebih lancar dengan sedikit keraguan dan pengulangan. Terdapat penggunaan kata penghubung (seperti “however”, “on the other hand”, “then again”, dll), tetapi tidak selalu digunakan dengan tepat dan akurat. Kosakatanya cukup luas untuk dapat membicarakan topik yang disediakan dan mudah dipahami, meski ada beberapa kesalahan gramatikal. Kandidat menggunakan baik struktur kalimat sederhana dan kompleks: tapi menunjukkan bahwa grammar pada kalimat kompleks lebih sulit dikendalikannya. Ujarannya secara umum benar dengan sedikit kesalahan.

Speaking Band 6.5
Kandidat dapat berbicara dengan kalimat panjang tanpa banyak keraguan atau pengulangan. Kalimat-kalimatnya mudah diikuti – informasinya berurutan dan ia menggunakan kata penghubung untuk berpindah perlahan dari satu ide pad ide lainnya. Kosakatanya berisi tidak hanya kata sederhana tetapi juga kata yang mutakhir yang berhubungan dengan subyek yang dibicarakan, meski terkadang pemilihan katanya kurang tepat, maknanya cukup jelas. Aksen yang kuat tampak pada ujaran yang tepat.

Speaking Band 7
Kandidat berbicara dengan halus tanpa banyak berusaha. Kata penghubung digunakan secara alami dan pada tempat yang tepat. Tidak melingkupi keseluruhan subyek pada jawaban-jawabannya. Kosakatanya sesuai namun kurang mutakhir dan tidak menunjukkan variasi, bahanya fasih namun cenderung sederhana. Ia menggunakan beberapa idiom dan terkadang kurang sesuai. Pengendalian grammarnya baik, jarang terjadi kesalahan. Ujarannya cukup baik dan aksennya cukup jelas.