Seperti Apa Kolokasi Kata IELTS? | IELTS Eddy Suaib

Seperti Apa Kolokasi Kata IELTS?

Posted On //
IELTS Kampung Inggris Pare
Jika anda ingin dapat menggunakan suatu kata, anda sangat perlu mengetahui juga apa kata berikutnya. Kita tidak menggunakan kata tersebut sendirian, kita menggunakannya bersama-sama dengan kata lain. Jadi jangan pelajari kata secara individu, pusatkan perhatian pada apa kata yang lain yang mereka gunakan bersama – kolokasi. Untuk membantu anda, saya akan menunjukkan 4 cara mempelajari kolokasi dapat meningkatkan kecakapan bahasa Inggris anda.

Beberapa contoh kolokasi
Berikut hanya empat cara bahwa mempelajari kolokasi dapat membantu meningkatkan kecakapan bahasa Inggris anda:

1. Makna yang baru dan penggunaan kata lama
Construct bisa bermakna hampir sama dengan build. Kata tersebut lebih berguna dari yang dibayangkan. Jika anda menggabungkan constructive dengan criticism, anda akan mendapatkan kolokasi constructive criticism, constructive bermakna sesuatu seperti positive. Ini merupakan pelajaran yang efisien: anda tak perlu mempelajari kata yang baru setiap saat, anda dapat mempelajari sebanyak mungkin dengan menggunakan kata-kata yang sudah anda ketahui dengan fleksibel.

2. Mengatakan sesuatu dengan tepat
Cara kolokasi lainnya yng dapat membantu adalah bahwa mereka membantu anda menambahkan makna pada apa yang anda katakan. Sehingga ”There is no doubt but that television commercials affect out buying habits.” Merupakan sebuah kalimat yang baik, tetapi mengetahui kolokasi significantly affect memungkinkan anda menambahkan makna sehingga anda kini dapat menulis: “There is no doubt but that television commercials significantly affect out buying habits.”


3. Menghindari kesalahan
Salah satu masalah umum dalam IELTS adalah bahwa kandidat menggunakan kata dengan salah. Kata tersebut boleh jadi bermakna apa yang menurut anda itu maknanya, namun kita tidak secara khusus menggunakannya demikian dalam bahasa Inggris. Sehingga, misalnya, anda bisa mencoba dan menulis “home consumers are responsible for a large amount of waste”. Makna anda mungkin jelas namun variasi yang lebih baik adalah “domestic consumers are responsible for a large amount of waste.”

4. Mempelajari tata bahasa
Terkadang cukup sulit melihat dimana kosakata berakhir dan tata bahasa dimulai. Salah satu cara “mempelajari” tata bahasa yang lebih kompleks adalah tidak memikirkan aturan – yang mungkin lebih kompleks – namun lebih memperhatikan contoh bahasa Inggris yang tepat. Satu contoh menggunakan pola pembelajaran demikian misalnya adverb-adjective dari kolokasi potentially fatal.

IELTS Kampung Inggris Pare
Belajar IELTS
Extract picture from lifestyle.kompasiana

Artikel Terkait