Persiapan Menulis Esai | IELTS Eddy Suaib

Persiapan Menulis Esai

Posted On //
Saat hendak menulis sebuah esai berbahasa Inggris sebagai syarat kelulusan dari suatu ujian, yang akan anda lakukan dalam mempersiapkannya tentu berlatih dan terus berlatih menulisnya. Namun selain latihan menulis, ada baiknya anda juga mempersiapkan ide-ide yang bisa anda tulis dan kembangkan dalam esai anda.

Sebelum anda mulai menulis esai, sangatlah baik mengulang kembali jenis pertanyaan yang mungkin anda dapati saat ujian. Cobalah untuk mengumpulkan sekitar 10 pertanyaan berbeda yang biasanya muncul saat ujian. Satu ‘pak’ pertanyaan yang anda kumpulkan sebaiknya berisi tentang grafik garis, grafik batang, grafik bundar, tabel, 2 grafik yang berbeda, 3 atau lebih grafik yang mirip, diagram proses, diagram perbandingan, siklus kehidupan, serta peta. Karena itulah yang biasanya ditanyakan dalam ujian.

Saat berlatih menulis esai, cobalah untuk menulis 10 paragraf introduksi yang berbeda untuk setiap pertanyaan yang anda kumpulkan tadi, ketimbang menulis sebuah esai hingga selesai. Pada latihan selanjutnya, fokuskan pada menulis ikhtisar. Hari kemudian, berlatihlah menjelaskan prosentase atau membandingkan angka, dll.

Anda pun bisa menggunakan kalimat-kalimat yang pernah anda baca atau pelajari sebelumnya sebagai model kalimat untuk esai anda. Setiap model kalimat dapat mengubah isi esai sesuai dengan topik yang dibahas.

Artikel Terkait