Jumat, 22 Februari 2013

Modul Akademik Reading

Modul Academic Reading sedikit berbeda dari General Training – hanya memiliki 3 wacana yang tingkat kesulitannya lebih tinggi. Sesungguhnya, wacana pertama biasanya yang termudah lalu kemudian menjadi lebih dan lebih sulit. Karena itu, berikut beberapa tips:

Tip #1 – Jangan membaca keseluruhan wacana. Latihlah diri anda untuk mengamati dan memperhatikan hanya pada informasi yang penting. Setelah anda selesai dengan teks pertama kalinya, anda harus tahu tema setiap paragraph, apa ide pokoknya.  Cara membaca seperti ini menghemat waktu anda yang sangat berharga.

 Tip #2 – Perhatikan waktu anda dengan baik. Jangan membagi 60 menit yang anda miliki pada 3 bagian 20 menit yang sama. Mengapa? Karena wacana yang terakhir adalah yang tersulit dan anda akan membutuhkan waktu lebih dari 20 menit untuk menyelesaikannya. Mungkin, 15 – 20 -25 bisa jadi pilihan, atau anda bisa mencoba mengatur waktu lain yang lebih cocok dengan anda.

Tip #3 – Jangan lupa untuk menyalin jawaban anda pada Lembar Jawaban. Anda dapat menuliskannya di buklet pertanyaan sambil membaca wacana, tapi skor anda diperoleh dari apa yang tertulis pada Lembar Jawaban.

Tip #4 – Jika anda tidak dapat menjawab pertanyaan tertentu – tandai dengan tanda Tanya yang besar sehingga anda dapat lebih mudah melihatnya kemudian dan lanjutkan pada pertanyaan berikutnya, jangan terjebak di satu pertanyaan. Nantinya anda dapat kembali, menemukan semua tanda Tanya dan mencoba menjawabnya jika anda masih memiliki sisa waktu.

Tip #5 – Hitung jumlah kata pada jawaban anda. Jika perintahnya mengatakan “jawab dalam 3 kata” – anda harus menjawabnya HANYA 3 KATA, bahkan terkadang “a” dan “the” pun dihitung sebagai kata!

Tip #6 – Saat anda berlatih, bacalah wacana anda, jawab pertanyaan, bandingkan jawaban anda dengan Kunci jawaban dan berikan perhatian lebih pada jawaban yang salah. Anda perlu memahami KENAPA anda membuat kesalahan tersebut dan mengingatnya, sehingga anda tidak akan membuat kesalahan tersebut kembali.
bestowed upon eddysuaib.com