Selasa, 02 April 2013

IELTS Skill: Skimming dan Scanning

Ada beberapa macam gaya membaca yang berbeda di detiap situasi. Teknik yang anda pilih bergantung pada tujuan anda membaca. Misalnya, anda mungkin membaca sebagai kesenangan atau hobi, mencari informasi, atau untuk menyelesaikan sebuah tugas. Jika anda memeriksa atau mengulas, anda mungkin hanya membaca suatu dokumen sepintas saja. Jika anda mencari informasi, anda bisa membaca cepat kata-kata tertetu. Untuk mendapatkan informasi yang lebih detil, anda bisa menggunakan teknik semacam SQ4R. Anda harus menyesuaikan kecepatan dan teknik membaca anda berdasarkan tujuan anda.

Banyak orang memperhitungkan teknik pencarian skimming dan scanning ketimbang strategi membaca. Memang saat membaca informasi dalam jumlah besar, keduanya lebih praktis ketimbang membaca. Misalnya, anda mungkin mencari informasi yang spesifik, mencari petunjuk, atau mengulas inforasi.

Situs internet, novel, buku teks, manual, majalah, koran, dan surat adalah beberapa hal lain yang dibaca setiap harinya. Pembaca yang efektif dan efisien belajar menggunakan banyak gaya membaca untuk tujuan yang berbeda. Skimming, scanning, dan membaca kritis adalah gaya membaca dan memproses informasi yang berbeda.

Skimming digunakan untuk mengidentifikasi dengan cepat ide pokok suat teks. Saat anda membaca koran, anda mungkin tidak membacanya kata-per-kata, malahan anda membaca cepat teks tersebut. Skimming dilakukan dengan kecepatan tiga sampai empat kali lebih cepat disbanding kecepatan membaca normal. Banyak orang seringkali membaca sepintas saat mereka memiliki banyak materi untuk dibaca dalam waktu yang terbatas. Gunakan skimming saat anda ingin melihat apakah suatu artikel menarik atau tidak bagi riset anda.

Ada banyak strategi yang bisa digunakan saat skimming. Sebagian orang membaca paragraph yang pertama dan terakhir terutama bagian titel, ringkasan dan rancangan lainnya sambil bergerak ke bagian bawah halaman atau layar. Anda mungkin membaca titel, subtitel, subheading, dan ilustrasi. Pertimbangkan membaca kalimat pertama setiap paragraph. Teknik ini bermanfaat saat anda mencari informasi spesifik ketimbang membaca komprehensif. Skimming bekerja dengan baik untuk menemukan tanggal, nama, dan tempat. Skimming juga bisa digunakan untuk mengulas grafik, tabel, dan bagan.

Scanning adalah suat teknik yang sering anda gunakan saat mencari sebuah kata di buku telepon atau kamus. Anda mencari kata kunci atau ide. Dalam banyak kasus, anda tahu apa yang anda cari, sehingga anda berkonsentrasi menemukan jawaban tertentu. Scaning melibatkan pergerakan mata anda dengan cepat ke bagian bawah halaman mencari kata dan frasa yang spesifik. Scanning juga digunakan saat anda pertama menemukan suatu sumber untuk memastikan apakah kata tersebut akan menjawab pertanyaan anda. Sekali anda selesai membaca cepat suatu dokumen, anda bisa kembali dan membacanya sepintas.

Saat membaca cepat, cari penggunaan rancanan oleh penulis seperti angka, huruf, langkah, atau kata, pertama, kedua, atau berikutnya. Cari kata yang dicetak tebal, miring, atau dalam ukuran, jenis, atau warna huruf yang berbeda. Terkadang penulis akan meletakkan ide kunci pada garis tepi.