Listening IELTS: Lakukan 7 Cara Cerdas ini ! | IELTS Eddy Suaib

Listening IELTS: Lakukan 7 Cara Cerdas ini !

Posted On //
    • Aksen dari pembicara pada rekaman yang digunakan untuk tes listening ini biasanya menggunakan aksen Inggris (British). Artinya anda harus familiar untuk mengerti pengucapan dari aksen ini. Jika selama ini anda lebih banyak menonton acara-acara televisi Amerika, ada baiknya mulai sekarang anda beralih ke acara-acara televisi atau film-film Inggris.
    • Pelajari juga penggunaan huruf dan angka dalam bahasa Inggris British dan America. Ada kalanya, dalam tes listening anda diminta untuk menuliskan nama, tempat dan atau alamat. Jika anda membuat kesalahan sedikit saja dalam penulisannya maka jawaban anda akan dianggap salah.
    • Ekspresi kata-kata yang digunakan juga lebih sering menggunakan bahasa Inggris British dari pada America. Oleh karena itu anda mungkin akan menjumpai beberapa idiom yang kurang familiar yang mungkin saja akan membuat anda bingung. Pembicara juga mungkin akan sering menggunakan kata-kata yang sering digunakan dalam bahasa inggris British, seperti penggunaan kata “flat” untuk menyebut apartemen, “lorry” untuk menyebut truk, atau “advert” untuk menyebut iklan. Pastikan anda telah mempelajari banyak vocabulary dalam bahasa inggris British dan melakukan latihan IELTS sebanyak mungkin sebelum melakukan tes IELTS yang sebenarnya.
    • Belajarlah untuk membedakan pendapat dan fakta. Pada bagian keempat dan kelima dalam tes listening, anda biasanya ditanya apa yang dipikirkan atau dilihat oleh pembicara dalam rekaman yang diperdengarkan. Hal ini mungkin saja tidak disebutkan secara langsung dalam rekaman tersebut, namun anda dapat mengetahuinya dari tema keselurhan dari apa yang dibicarakan dalam rekaman tersebut, dan mengungkapkannya dengan kata-kata anda sendiri.
    • Tidak perlu khawatir jika teman anda mendapat nilai tes listening yang lebih besar dari anda, setiap orang memiliki kelemahan dan kelebihan tersendiri. Cukup berfokus pada kebutuhan anda saja dan tidak perlu membandingkan diri anda dengan orang lain.
    • Ikuti setiap instruksi yang diberikan dengan hati-hati. Jika anda diinstruksikan untuk “menuliskan tidak lebih dari tiga kata” maka anda tidak boleh menulis lebih dari 3 kata pada kolom jawaban anda. Terkadang juga anda diminta untuk melingkari dua, tiga atau lebih jawaban. Anda harus memperhatikan setiap instruksi yang diberikan di setiap pertanyaan, karena mungkin saja pertanyaan sebelumnya dengan pertanyaan berikutnya memiliki instruksi yang berbeda. Ingatlah, kemampuan anda dalam mengikuti setiap instruksi yang diberikan dalam bahasa inggris itu juga menjadi penilaian tersendiri.
    • Biasakan diri anda untuk dapat membaca chart, grafik, flow-chart, bar chart dan pie chart, dan semacamnya. Gambar-gambar semacam ini sering kali muncul sebagai bagian dari jawaban dalam bagian keempat dalam tes listening ini. Semakin familiar anda dalam menginterpretasikan data semacam ini, maka akan semakin mudah untuk anda menjawab pertanyaan-pertanyaan seperti ini

    Artikel Terkait