Kamis, 25 April 2013

TOEFL: Menceritakan kembali dalam esai

Apakah anda merasa kesulitan ketika diminta untuk menyajikan kembali topik dalam esai saat mengikuti tes TOEFL atau saat pengajar anda dalam kelas memberikan tugas untuk membuat esai?

Terkadang bagian yang paling membingungkan untuk dikerjakan dalam menulis sebuah esai adalah untuk menulis kalimat pembukanya. Kalimat pembuka yang baik dalam esai adalah kalimat pembuka yang dapat menarik perhatian pembaca, kalimat pembuka yang menyajikan atau memperkenalkan topik yang akan kita ceritakan dalam esai.

Ada beberapa cara sederhana yang dapat membantu anda dalam kesulitan membuat esai :

  • Bayangkan bahwa essai yang diminta dalam tes TOEFL adalah sesuatu yang sederhana dan mudah, seperti anda diminta mengungkapkan kesetujuan anda  atas sesuatu, sebagai contoh : "apakah Anda setuju atau tidak setuju bahwa belajar tentang masa lalu itu tidak penting?"
  • Dalam membuat sebuah esai, kemampuan anda dalam memparafrasekan sebuah tulisan sangat diperlukan, misalkan dengan contoh pernyataan di atas tentang setuju dan tidaknya anda pada sebuah pernyataan, anda dapat membuat kalimat pembuka pada esai anda dengan kalimat seperti ini : “Meskipun banyak yang percaya bahwa kita harus hidup di masa sekarang, saya sangat percaya bahwa masa lalu merupakan pelajaran berharga bagi setiap orang.”
  • Bagi sebagian orang mungkin mengalami banyak kesulitan dalam membuat sebuah essai, terutama bagi anda yang baru saja mempelajari bahasa Inggris. cara termudah untuk membuat essai adalah menyalin kembali kata-kata dari sumber asli. Tapi menyalin dalam hal ini adalah menangkap informasi penting dari sumber asli dan menuliskannya kembali dengan gaya menulis anda sendiri, anda bisa menggunakan banyak persamaan kata untuk menyamarkan kemiripan dari sumber asli dengan esai anda.

Berkonsentrasilah pada topik yang harus anda ceritakan kembali dalam esai, pikirkan bahwa informasi yang akan anda sajikan akan dibutuhkan oleh pembaca anda.

TOEFL Kampung Inggris Pare

Belajar TOEFL

Tidak ada komentar: