Jumat, 26 April 2013

Menghindari Kegagalan dalam Belajar Bahasa Inggris

Gagal dalam mempelajari Bahasa Inggris banyak dialami oleh orang-orang yang bukan merupakan native dari Bahasa Inggris atau Bahasa Inggris bukan merupakan bahasa pertamanya. Perbedaan kultur, budaya, gaya bahasa, dan juga tata bahasa membuat kita sering mengalami kesulitan untuk beradaptasi dengan bahasa yang baru. Meskipun begitu, kita perlu mengetahui bagaimana cara mengatasi masalah-masalah tersebut. Banyak dari kita menganggap Bahasa Inggris sulit sekali dipelajari, terlebih untuk dikuasai. Sebetulnya, belajar suatu bahasa asing tidak terlalu sulit jika lingkungan mendukung.

Belajar secara alamiah, dengan lingkungan yang mendukung memang cara paling efektif, misalnya belajar di lingkungan aslinya atau lingkungan dengan Bahasa Inggris sebagai bahasa pertamanya. Jadi, belajar di luar negeri banyak dipilih. Namun, sebetulnya masalah kesulitan dalam belajar Bahasa Inggris bisa diatasi, salah satunya adalah dengan tidak terlalu memikirkan masalah tenses atau tata bahasa, terlebih untuk kita yang berniat belajar Bahasa Inggris untuk keperluan berkomunikasi saja. Hal yang penting adalah kita bisa menyampaikan apa yang ingin kita sampaikan dan dimengerti dengan Bahasa Inggris.

Cara tersebut cukup efektif jika kita sering-sering mempraktekannya, misalnya dengan sering-sering berkomunikasi dengan mereka yang memiliki bahasa pertama yaitu Bahasa Inggris. Tak perlu jauh-jauh pergi ke luar negeri, karena kita bisa mencari lawan bicara yang bisa diandalkan atau yang berasal dari negara dengan bahasa pertamanya adalah Bahasa Inggris.

Tidak ada komentar: