IELTS: 4 Kebiasaan Buruk Menulis Esai | IELTS Eddy Suaib

IELTS: 4 Kebiasaan Buruk Menulis Esai

Posted On //
Banyak orang yang bermasalah dengan tugas IELTS Writing mereka tanpa sebab. Hanya karena mereka tidak menyadari beberapa hal tidak cocok pada surat, esai, atau laporan IELTS.  

Berikut beberapa cara yang dapat membuat anda jatuh dalam masalah dengan tugas IELTS Writing anda:

1.      Menggunakan bahasa Inggris informal dalam tugas IELTS Writing.
Bahasa Inggris informal boleh saja digunakan pada tes Speaking – tapi tidak untuk tes Writing. Meski tidak semua kata informal mendapat penalty, semakin formal gaya anda, semakin baik skor yang akan anda peroleh. Untuk mencontohkan perbedaan, ekpresi informal seperti “loads of/tons of” sebaiknya digantikan dengan “many” atau “much”, “fed up with” sebaiknya digantikan dengan “lost his patience”, dll. Dalam hal pemilihan kata kerja (Verb), one-word phrase jauh lebih baik digunakan dibandingkan two-three words.

2.      Menggunakan kontraksi
Kontraksi adalah penggunaan “it’s” bukan “it is”, “I’ve”, bukan “I have”, “we’re” bukan “we are” (ini hanya beberapa contoh). Kontraksi adalah hal yang sangat buruk dalam esai anda, kontraksi tidak cukup banyak menghemat waktu dan menghasilkan noda bagi anda. Lupakan tentang penggunaan kontraksi pada IELTS writing. Tulislah “should not” daripada “shouldn’t”, “could not” daripada “couldn’t”, would not” daripada “wouldn’t”. Anda  tentu paham, bukan?

3.      Menggunakan bahasa slang
Anda dapat menggunakan bahasa slang kapanpun anda suka saat berbicara dengan teman anda. Itu adalah satu-satunya tempat yang tepat untuk melakukannya, saat bercakap-cakap dengan teman anda. Jagalah agar anda tak menggunakan sepatah katapun bahasa slang dalam esai, surat atau laporan IELTS anda. Anda tidak boleh menulis “dunno” daripada “don’t know”, “wanna” daripada “want to” atau “gonna” daripada “going to”.

4.      Ejaan seperi SMS
Kita sering mengetik pesan SMS, mengobrol lewat Skype dan sejenisnya, dan ada banyak cara singkat untuk menulis kata-kata yang panjang. Kita mengetik “u” daripada “you”, “c” daripada “see”, “IMHO” daripada “in my humble opinion”. Tidak ada satu pun yang boleh muncul dalam ujian IELTS anda, kecuali anda memang ingin mengacaukan ujian dan meraih skor yang lebih rendah dari yang seharusnya anda peroleh. Anda harus menulis kata yang lengkap dan ejalah dengan benar, titik.
Semoga tulisan ini dapat mencegah anda melakukan kesalahan di atas. Semoga berhasil dengan ujian anda!

Artikel Terkait