Jumat, 05 April 2013

IELTS: Bukan Kecakapan Biasa | Seri 2

Seperti telah disebutkan pada artikel sebelumnya, bahwa aspek mendengarkan sesungguhnya bisa dilatih. Berikut beberapa cara mudah lainnya untuk mempertajam aspek pendengaran anda.

Periksa kembali ejaan anda pada bagiann Angka dan Nama (Numbers and Names). Di bagian tes Listening yang pertama, hampir selama tes berlangsung anda diminta untuk mengeja nama dan/atau menuliskan angka. Tampaknya memang mudah, tetapi anehnya seringkali terjadi banyak kesalahan. Dan permasalahannya terletak pada kesalahan ejaan. Hasilnya, anda kehilangan poin. Anda tentu menguasai dan hafal mati urutan abjad dari A-Z, tetapi beberapa huruf dapat menyebabkan masalah bahkan bagi mereka yang sudah mahir sekalipun. Contohnya huruf-huruf berikut:
  • J & G
  • Y
  • A & E & I
Tipsnya, buatlah jembatan kuda yang dapat membantu anda mengingat, misalnya:
J untuk Jesus, tetapi G untuk God
Bagaimana mengeja “why”? W-H-Y
A untuk apple
E untuk elephant
I untuk ‘I”

Anda bias membuat sendiri yang lebbih mudah diingat untuk anda.
Tips selanjutnya, hindari menjawab pertanyaan dengan terburu-buru. Terkadang anda mendengar apa yang menurut anda adalah jawabannya. Tetapi pembicara kemudian meralat ucapannya atau kemudian member sekilas informasi:
“So I’ll see you on Wednesday afternoon”
“Sorry, I’m busy then. How about Thursday evening?”
“Fine, Thursday at 7 0′clock”

Hindari pula meninggalkan jawaban kosong. Ada dua alasan, yang pertama, tebakan anda mungkin saja benar (jika bentuk soal pilihan ganda). Kedua, saat anda meninggalkan sebuah jawaban kosong bias saja anda kemudian menjawab di kotak yang salah dan itu akan menjadi masalah besar.

Dengarkan pula informasi yang diulang. Cara ini mungkin tidak selalu berhasil, tetapi kadang kata-kata yang merupakan jawaban akan disampaikan berulang. Jika anda akan menebak jawaban pilihlah kata yang anda dengar berulang, bias jadi itulah jawabannya.

Tip terakhir, carilah petunjuk jawaban pada pertanyaan. Bentuk soal yang umum adalah melengkapi sebuah tabel. Pada bentuk soal seperti ini, anda akan sering menemukan petunjuk jawaban dengan melihat inti formasi lainnya pada tabel. Khususnya, perhatikan bagian atas baris dan kolom. Jika, misalnya, bagian tersebut menyatakan “equipment” dan beberapa kotak yang telah diselesaikan menyatakan “ paperclips” dan “cardboard” anda memiliki petunjuk yang baik akan apa yang harus anda dengarkan.