Jumat, 26 April 2013

Keterampilan Bahasa Inggris yang Perlu Dikembangkan dengan Baik

Ada banyak orang mengeluhkan susahnya mempelajari bahasa asing, terlebih Bahasa Inggris. Meskipun begitu, kita dituntut untuk bisa menguasai Bahasa Inggris dengan baik karena bahasa tersebut menjadi bahasa dunia dimana kita bisa menggunakannya di hampir semua negara di seluruh belahan dunia. Mempelajari suatu bahasa memang bukan hal yang mudah karena banyak hal yang jauh berbeda dengan bahasa yang kita pakai sehari-harinya seperti kosakata yang berbeda, ejaan dan cara membaca yang jauh berbeda, tata bahasa, dan tentunya adanya tenses dalam Bahasa Inggris sering membuat kita kesulitan untuk mempelajarinya karena di bahasa kita tak mengenal adanya tenses.

Saat belajar Bahasa Inggris, ada empat ketrampilan utama yang perlu dipelajari, yakni listening atau mendengarkan, speaking atau berbicara, reading atau membaca, serta writing atau menulis. Keempat keterampilan tersebut merupakan keterampilan utama yang perlu dipelajari dan juga perlu dikuasai dengan baik. perlu ketelatenan untuk mempelajarinya. Ada baiknya mempelajari Bahasa Inggris dengan mempelajari keempat keterampilan tersebut secara terpadu, jadi tak hanya satu per satu saja karena keempatnya saling berpengaruh satu sama lain.

Untuk kemampuan dasarnya dalam berkomunikasi, keterampilan mendengarkan dan juga berbicara menjadi dasarnya. Kedua keterampilan itu harus betul-betul dikuasai terlebih dahulu. Setelah itu, baru mengembangkan keterampilan dalam membaca serta menulis. Bukan berarti kemampuan membaca dan menulis bisa dianggap enteng, tetapi kedua keterampilan itu memerlukan tahapan yang lebih panjang dan sedikit lebih rumit.

Tidak ada komentar: