IELTS: Selalu Baca instruksi "Reading" | IELTS Eddy Suaib

IELTS: Selalu Baca instruksi "Reading"

Posted On //
Untuk mengetahui apakah anda lebih baik membaca bagian bacaan dalam reading test terlebih dahulu atau justru membaca pertanyaannya terlebih dahulu, anda harus melakukan keduanya terlebih dahulu untuk mengetahui cara mana yang akan lebih membantu untuk anda.

Banyak peserta merasa bahwa lebih baik membaca pertanyaan-pertanyaannya terlebih dahulu agar mereka dapat menentukan di paragraf atau kalimat mana yang harus mereka lebih perhatikan karena berisikan jawaban dari pertanyaan-pertanyaan yang harus mereka jawab. Metode ini mungkin juga cukup membantu untuk anda, namun pada kenyataannya, hal ini tergantung pada beberapa faktor. Termasuk diantaranya seberapa mahir dan seberapa cepat anda dapat membaca dan mengerti maksudnya, tipe pertanyaannya, seberapa sulit pertanyaannya, seberapa banyak waktu yang masih anda miliki, dan lain sebagainya. Jadi tak peduli apa yang disarankan oleh pengajar anda atau apa yang teman anda lakukan, coba lah kedua cara diatas dan temukan sendiri cara mana yang lebih membantu untuk anda.

Baca instruksi pada tes reading dalam IELTS ini secara seksama. Jangan pernah melewatkannya hanya untuk menghemat waktu. Instruksi ini akan memberikan anda informasi seberapa banyak kata yang harus anda jawab, apa yang benar-benar harus anda lakukan, dan lain sebaginya. Selalu baca instruksi reading cara menjawab pertanyaannya, meskipun anda telah melakukan tes latihan beratus-ratus kali sekalipun.
  • Di banyak kasus, pertanyaan diikuti dengan susunan informasi dari bacaan yang disediakan, hal ini akan membantu anda untuk dapat menemukan jawabannya dengan cepat.
  • Pelafalan sangat penting dalam tes reading, oleh karena itu berhati-hati lah saat anda menuliskan jawaban-jawaban pendek. Anda akan kehilangan poin jika anda melulis dengan lafal yang salah. 
  • Berhati-hati lah saat menyalin jawaban dari bacaan yang disediakan.
  • Ketepatan grammar juga berpengaruh, maka dari itu pastikan anda menggunakan grammar yang tepat.
  • Pada tes kompetisi kalimat, fokuskan perhatian anda pada arti dari kalimat-kalimat yang disediakan untuk dapat memilih jawaban yang paling tepat.
  • Banyak-banyak lah berlatih agar dapat membuat anda familiar dengan format tes, tipe pertanyaan, tingkat kesulitan dan lain sebagainya.
  • Banyak membaca dari berbagai sumber untuk memperkuat kemampuan membaca anda secara keseluruhan dan juga memperkaya vocabulary anda.
  • Perhatikan sinonim dari setiap kata-kata yang ada dalam teks bacaan agar anda dapat dengan cepat menemukan jawaban dari pertanyaan-pertanyaannya.
  • Tulis kata sesuai dengan jumlah yang diperintahkan. Kata yang ditulis dengan tanda penghubung dihitung satu kata.

Artikel Terkait