Jumat, 05 April 2013

IELTS: Bukan Kecakapan Biasa | Seri 1

Mungkin anda seringkali mendengar bahwa satu-satunya hal yang perlu anda lakukan saat berhadapan dengan lembar soal IELTS Listening test adalah tidak ada. Aspek mendengarkan bukanlah aspek yang tidak perlu diasah. Justru ada beberapa cara mudah untuk melatih aspek mendengarkan anda dalam menghadapi tes Listening IELTS.

Cara yang pertama adalah dengan membaca sebelum mendengarkan. Perkirakan jawaban yang mungkin anda pilih. Salah satu kesulitan dalam tes ini adalah, anda tidak hanya mendengarkan, tetapi juga membaca dan menulis jawaban pada saat yang sama. Tip mudah untuk mengatasinya adalah dengan membaca pertanyaan sebelum anda mendengarkan sehingga anda mengetahui untuk apa anda mendengarkan. Cukup sulit memang untuk menguasai tip ini, tetapi terkadang cara ini dapat dicoba untuk meperkirakan jenis jawaban yang anda cari: apakah sebuah nama, misalnya, ataukah sebuah angka?

Cara yang kedua, bacalah sambil anda mendengarkan. Fokuslah pada seluruh kalimat pertanyaan. Sebagian besar kesalahan dibuat bukan karena anda tidak mendengarkan dengan baik, tetapi karena anda tidak fokus pada pertanyaan yang disajikan. Sambil mendengarkan, ada baiknya fokus pada pilihan kata yang tepat untuk menjawab pertanyaan yang disajikan.

Bacalah juga dua pertanyaan sekaligus. Kesulitannya, jawaban untuk dua pertanyaan sekaligus seringkali muncul segera setelah yang sebelumnya. Dapatkah anda menjawab keduanya sekaligus? Mungkin, mungkin tidak: tapi satu-satunya cara agar anda dapat melakukannya adalah jika anda siap untuk pertanyaan berikutnya. Tidak masalah jika salah satu jawaban salah. Yang menjadi masalah besar adalah saat anda sedang mendengarkan dan anda mendengarkan untuk pertanyaan nomor 13 sedangkan suara dari kaset sudah berpindah pada pertanyaan nomor 15.

Kesalahan lain yang banyak dilakukan oleh peserta IELTS test adalah mereka seringkali menunda bagian menulis hingga akhir sesi. Ini karena mereka berpikir mereka dapat mengingat apa yang mereka dengarkan. Sayangnya, seringkali pula hal ini tidak berhasil. Ada banyak informasi, andapun dalam situasi penuh tekanan,dan yang paling penting, setelah selesai mendengarkan satu listening anda diharuskan segera berpindah pada sederet pertanyaan berikutnya untuk kembali didengarkan dan dibaca.

Anda tidak perlu menulis semua yang anda catat. Anda hanya memiliki 10 menit di akhir sesi untuk memindahkan jawaban anda pada lembar jawaban. Yang harus anda lakukan adalah belajarlah membuat catatan yang cukup jelas untuk anda ingat sambil mendengarkan sehingga anda dapat melengkapinya kemudian. Namun pengecualian untuk bagian 1 yang mengandung angka dan nama sehingga anda perlu menulis semuanya dengan lengkap sambil mendengarkan. Itulah tantangannya