Ujian Reading dan Writing IELTS Akademik | Belajar IELTS

Ujian Reading dan Writing IELTS Akademik

Posted On //
IELTS Kampung Inggris Pare
Reading-Writing IELTS
Seperti telah disebutkan pada artikel sebelumnya,ada dua jenis tes IELTS – IELTS Academic (AC) dan IELTS General Training (GT). 

Pada dasarnya kedua tes tersebut sama saja, hanya ada sedikit perbedaan pada bagian tes Reading dan Writing.

Tes Reading pada AC merupakan ujian selama 1 jam yang terbagi ke dalam 3 sesi dengan 40 pertanyaan yang didasarkan pada 1 wacana per sesi. Panjang wacana pada AC Reading test adalah sekitar 2000 – 2750 kata. Kandidat akan diberikan sebuah lembar soal dan lembar jawaban. Mereka diperbolehkan menulis pada lembar soal tetapi tidak dapat membawa lembar soal tersebut keluar meski tes telah selesai. Seluruh jawaban harus dicantumkan pada lembar jawaban sebelumwaktu yang disediakan habis karena tidak ada perpanjangan waktu setelah 1 jam yang ditentukan untuk Academic Reading test guna memindahkan jawaban pada lembar jawaban.

Beragam jenis pertanyaan digunakan pada tes ini. Jenis pertanyaan yang sering muncul adalah sebagai berikut:
  • Pilihan ganda
  • Jawaban pendek
  • Melengkapi kalimat
  • Melengkapi catatan/ringkasan/diagram/flow chart
  • Mengidentifikasi paragraph atau bagian teks
  • Mengidentifikasi ide/pendapat penulis – yes/no/not given
  • Mengidentifikasi informasi dalam teks – yes/no/not given ATAU true/false/not given
  • Mengklasifikasi
  • Mencocokkan daftar atau frasa
Wacana yang digunakan diambil dari majalah,jurnal, buku, dan koran. Wacana tersebut diperuntukkan bagi pembaca berlatar belakang pendidikan sarjana atau pascasarjanatetapi TIDAK memangku pengetahuan khusus mengenai subyek tertentu. Seluruh topik wacana merupakan hal yang umum. Setidaknya satu teks mengandung argument yang logis. Satu teks berisi diagram,grafik, atau ilustrasi. Jika ada kata atau istilah teknikal khusus, yang kandidat mungkin kurang dapat memahami, maka disediakan daftar kata-kata yang sukar.

Tes Writing merupakan tes yang berlangsung selama 1 jam. Kandidat diminta melakukan 2 tugas. Tugas yang pertama (Task 1) meminta kandidatnya untuk menjelaskan dengan menggunakan kata-katanya sendiri informasi faktual mengenai suatu bentuk gambar. Bentuk gambar tersebut dapat berupa grafik garis, balok grafik, grafik pie, tabel, atau gambar yang menunjukkan suatu proses. Atau bisa jadi kombinasi dari bentuk-bentuk tersebut. Kandidat diwajibkan menulis dengan minimal 150 kata.

Tugas yang kedua (Task 2), meinta kandidat untuk menuliskan sebuah essai pada topic akademik yang umum. Kandidat diwajibkan menulis dalam 250 kata.

IELTS Kampung Inggris Pare
Belajar IELTS

Artikel Terkait