6 Tips Jitu Membuat “Reading IELTS” Mudah | IELTS Eddy Suaib

6 Tips Jitu Membuat “Reading IELTS” Mudah

Posted On //
Ada sedikit perbedaan antara modul reading Academic, dan General Training dalam tes IELTS. Tidak terdiri dari 4 atau 5 bagian, dalam sesi reading IELTS academic hanya terdiri dari 3 bagian, namun memiliki kesulitan yang lebih. Bagian pertama akan terkesan mudah, dan akan semakin sulit di bagian-bagian selanjutnya. 

Untuk mengatasi kesulitan yang mungkin anda alami dalam menjawab soal-soal di bagian ini, ada beberapa tips yang akan membantu anda.
  1. Jangan membaca semua bagian. Latih diri anda untuk melihat dan mengambil hanya informasi atau bagian penting dalam wacana yang anda baca.
  2. Perhatikan waktu anda dalam tes dengan cermat. Jangan membagi rata waktu 60 menit yang anda miliki untuk mengerjakan 3 bagian, karena anda akan memerlukan waktu yang lebih banyak untuk mengerjakan bagian akhir yang lebih sulit dari bagian sebelumnya.
  3. Jangan lupa untuk menyalin jawaban anda ke lembar jawaban, walaupun anda sudah menulis jawaban anda pada lembar reading ketika anda membaca, anda harus tetap menyalinnya ke lembar jawaban, karena anda hanya akan mendapatkan skor berdasarkan yang tertulis pada lembar jawaban.
  4. Jika anda menemukan pertanyaan yang sulit, tandai pertanyaan itu dan beralihlah ke pertanyaan lain, anda bisa kembali mengerjakan pertanyaan itu setelah anda menyelasaikan pertanyaan lainnya. Ini akan mencegah anda untuk terjebak di pertanyaan yang menurut anda sulit dan membuang waktu berharga anda dalam tes.
  5. Hitung kata-kata dalam jawaban anda. jika intruksi dalam soal mengatakan anda harus menjawab pertanyaan dalam 3 kata, maka anda harus menjawabnya persis dalam 3 kata.
  6. Ketika anda berlatih membaca sebuah wacana, dan menjawab pertanyaan, bandingkan jawaban anda dengan lembar jawaban yang benar. Perhatikan dimana letak kesalahan anda. Anda perlu memahami mengapa anda membuat kesalahan itu, dan perbaiki. Sehingga anda tidak membuat kesalahan yang sama ketika mengikuti tes.

Artikel Terkait