Jumat, 05 April 2013

“Cara mendapatkan ide untuk esai IELTS”

Ada beberapa peserta tes IELTS yang merasa kesulitan ketika menulis esai ketika tes berlangsung. Sebagian mungkin bertanya ‘Bagaimana caranya menulis sebuah esai, jika kita tidak mengerti topik yang diberikan?” Memang akan menjadi hal yang sulit untuk menulis tentang sesuatu yang kita tidak mengerti.

Anda tidak perlu khawatir, ada beberapa hal yang dapat anda lakukan untuk membantu anda mengatasi masalah ini.
Anda tentu sudah tahu memperbanyak kosa kata merupakan salah satu hal yang harus anda lakukan jika ingin meningkatkan kemampuan menulis esai anda. Selalu pelajari kata-kata baru, karena dengan demikian anda akan mengerti atau paling tidak menebak apa maksud dari topik yang disajikan untuk essai yang harus anda kerjakan.

Selain memperkaya kosa kata, anda dapat mencoba membaca berbagai contoh esai IELTS sebanyak mungkin. Membaca contoh-contah essai IELTS yang ditulis orang lain, akan memberikan anda contoh bagaimana membuat esai yang baik. Anda dapat menbaca berbagai contoh esai IELTS yang anda perlukan melalui Internet, anda akan menemukan banyak sekali contoh esai IELTS jika anda mencarinya. 

Anda juga bisa membaca topik-topik yang menjadi bahan untuk esai dalam tes IELTS sebelumnya. Anda dapat mencarinya di internet dengan kata kunci ‘Ujian terbaru IELTS’ Anda perlu melihat topik-topik yang disajikan untuk esai dalam soal ujian terdahulu, karena terkadang topik-topik tersebut akan disajikan kembali dalam tes berikutnya yang mungkin anda ikuti.

Salah satu hal penting yang harus anda ingat dalam membuat sebuah esai dalam tes IELTS. Anda tidak boleh menjiplak esai yang sudah pernah ada, penguji IELTS akan dapat membeda mana esai yang ditulis dengan kata-kata anda sendiri, dan mana esai hasil menjiplak dari esai yang sudah pernah ada sebelumnya. Apa bila anda melakukan hal itu, anda bukan hanya akan mendapat skor yang buruk, anda juga akan didiskualifikasi saat itu juga.

Persiapkan diri anda dalam membuat esai, pahami dan perhatikan dengan baik topik yang diberikan untuk esai yang harus anda kerjakan.