Bagaimana Menghitung Skor? (Academic Writing Task 1) | IELTS Eddy Suaib

Bagaimana Menghitung Skor? (Academic Writing Task 1)

Posted On //
Tentu banyak yang bertanya, bagaimana skor IELTS dihitung? Berikut sedikit ringkasan tentang proses pemberian skor pada tes IELTS Writing.

Ketika Task 1 pada tes Writing (modul IELTS Academic) anda dinilai, anda bisa memperoleh (atau kehilangan) poin jika:

Memenuhi permintaan tugas
artinya menuliskan laporan yang menunjukkan – kandidat memahami apa yang harus dilakukan-dan-melakukan yang diminta dalam tugas.

Memilih informasi yang disajikan
Sedikit menjebak, anda harus berhati-hati untuk tidak menuliskan informasi yang berguna atau tidak memasukkan detil-detil yang penting.

Menyajikan ulasan
Menjelaskan apa yang ditampilkan pada grafik tanpa mengulang pernyataan tugas (perintah tugas), dengan kata-kata anda sendiri. Jika anda tidak menuliskan ulasan atau menyalin pernyataan tugas hal tersebut akan mengurangi poin anda.

Menyajikan petunjuk kunci
Hamper setiap grafik memiliki petunjuk yang dapat dibaca, tulislah tentangnya.

Penyusunan informasi
Umumnya mengenai paragraf yang harus ditulis dalam urutan yang logis.

Deret
Sambil membaca laporan anda penguji perlu mengetahui bagaimana anda bergerak perlahan dalam grafik dari satu hal ke hal yang lain.

Kohesi, referensi dan substitusi
Berkaitan dengan cara anda menyajikan statistik. Jika anda mengulang struktur yang sama untuk menyebutkan seluruh angka, atau memilih ekspresi yang tidak biasa – akan mengurangi poin anda.

Bentangan kosakata
Pemilihan katadapat menunjukkan seberapa terbatas, normal atau luas kosakata yang anda miliki. Juga menjadi masalah jika kosakata yang anda gunakan cocok atau tidak dengan tugas (jika tidak luas tetapi cukup untuk menulis sebuah laporan yang jelas maka tidak menjadi masalah).

Pengendalian tata bahasa (grammar), ejaan, dan pemilihan kata yang tepat
Tak perlu penjelasan yang panjang. 

Artikel Terkait