Minggu, 17 Maret 2013

Teknik Outlining pada TOEFL


Outlining adalah metode yang baik untuk digunakaan pada saat anda menjelaskan ide anda dengan cara yang berkaitan dan logis. Dengan bantuan teknik outlining anda dapat mengembangkan, mengklasifikasikan dan menyusun pemikiran anda. Jika anda berencana untuk membuat tulisan berupa komposisi, penceritaan kembali, kisah atau novel, dan lain sebagainya, teknik outlining aka membantu anda untuk membuat tingkatan hirarki informasi yang anda miliki berdasarkan kepentingannya dan relefansinya. Poin-poin yang berbeda disusun dapal bagian logika, memindahkannya dari sesuatu yang abstrak ke hal yang lebih konkret. Cara ini akan selalu dapat mengungkapkan apa yang memang ingin anda ungkapkan, dan tidak pernah membuat anda melewatkan bagian-bagian yang memang penting.


Teknik outlining dapat digunakan pada tes area listening, speaking dan writing dalam TOEFL. Misalnya, saat mendengarkan percakapan atau pelajaran, anda dapat membuat daftar pendek yang berisikan poin-poin utama dari apa yang dibicarakan, berbagai sub-poin dan contohnya. Jika anda membuat outline yang seakurat mungkin, hal ini dapat membantu anda untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan yang diberikan selanjutnya.


Pada tes area speaking, anda juga memiliki waktu sekitar 20-25 detik untuk merencanakan apa yang akan anda ucapkan, ada baiknya anda mempersiapkan outline untuk merencanakan tanggapan apa yang akan anda buat.


Tugas independent dan terpadu pada tes area writing dimana anda akan diminta untuk menulis sebuah esai, teknik outlining akan sangat berguna untuk anda agar tidak dipusingkan dengan pemikiran nda sendiri dan dapat mengemukakan topik yang diberikan secara lebih tersusun.


Mengembangkan kemampuan outlining

Anda dapat meningkatkan kemampuan outlining anda dengan berbagai material – buku teks, koran dan majalah. Mendengarkan berita atau buku audio, menuliskan poin utama. Dengan mengembangkan kemampuan outlining anda, anda dapat memberikan kesempatan kepada diri anda sendiri untuk merekonstruksi informasi yang akan anda tulis atau ucapkan.


IELTS Kampung Inggris Pare

Belajar IELTS