Cara terbaik sebelum menjalani tes IELTS area writing | IELTS Eddy Suaib

Cara terbaik sebelum menjalani tes IELTS area writing

Posted On //
Cara terbaik untuk mempersiapkan diri anda sebelum menjalani tes IELTS area writing tidak lain adalah dengan cara latihan menulis sebanyak mungkin. Idealnya, apa yang anda tulis dibaca oleh orang yang lebih mahir berbahasa inggris dari anda, sehingga Ia dapat mengoreksi permasalahan grammar yang ada dalam tulisan anda. Kerja keras dalah kuncinya, namun beberapa tips dibawah ini dapat membantu anda untuk lebih mengenal tentang tes IELTS area writing.

1). Task 1 dan task 2 sama-sama penting, namun task 2 sebenarnya sedikit lebih penting karena memiliki muatan nilai yang lebih besar dari task 1. Jika tulisan yang anda buat untuk task 1 kurang memuaskan, namun tulisan untuk task 2 justru sangat memuaskan, ada masih bisa mendapatkan nilai yang cukup baik. Oleh karena itu, mungkin akan lebih baik jika anda dapat menyelesaikan task 2 terlebih dahulu. Meski begitu, anda tetap harus melakukan usaha terbaik anda untuk menyelesaikan kedua task tersebut.

2). Ingatlah: Anda harus dapat mengatur waktu anda sendiri. Jangan harap akan ada orang lain yang menyuruh anda untuk berhenti mengerjakan task 1 dan mulai untuk mengerjakan task 2. Banyak diantara para peserta tes terlalu berkonsentrasi dalam menulis jawaban sampai lupa waktu dan akhirnya mereka tidak punya banyak waktu untuk menyelesaikan tugas yang selanjutnya. Tentu saja hal ini akan berpengaruh pada nilai IELTS anda secara keseluruhan.

3). Nilai IELTS anda juga akan berkurang jika tulisan anda tidak sesuai dengan jumlah yang telah ditentukan (taks 1 minimal 150 kata, task 2 minimal 250 kata). Jangan berpikir untuk berbuat kecurangan, karena pihak penguji pasti akan menyadarinya.

4). Memanjangkan kalimat yang anda buat, tentunya hanya akan membuatnya sulit untuk dibaca, sulit untuk dimengerti maksudnya, dan juga akan berdampak buruk pada grammar tulisan anda. Jika anda kurang mengerti cara penggunaan kata-kata yang anda gunakan dalam tulisan yang anda buat, kualitas dari kalimat-kalimat yang anda buat akan menurun, sama halnya dengan nilai anda.

5). Tidak perlu pamer. Lihat tes IELTS yang anda ikuti sebagai tes dari apa yang dapat anda lakukan, bukan tes ilmu yang anda tau. Beberapa peserta tes IELTS sering kali beranggapan bahwa tes area writing ini adalah tempat anda untuk memamerkan kata-kata sulit yang anda tahu, tanpa benar-benar mengerti arti dari kata-kata tersebut.

Artikel Terkait