IELTS General Writing Module (Pahami dengan baik) | IELTS Eddy Suaib

IELTS General Writing Module (Pahami dengan baik)

Posted On //
Pada Writing Task 2 anda akan menerima sebuah topik dan anda akan diminta untuk menulis sebuah essai terdiri dari 250 kata. Tugas ini memiliki bobot yang lebih berat ketimbang Writing task 1. Tes ini juga membutuhkan waktu yang lebih lama – 40 menit, sedangkan Writing task 1 hanya memerlukan waktu 20 menit.

Ada tiga jenis topik yang mungkin anda peroleh: deskripsi pendapat, argument, atau problema social.
Topik essai apapun yang anda tulis haruslah memiliki struktur – anda bisa mendapatkan (atau kehilangan) poin karenanya. Struktur artinya memiliki paling sedikit 4 paragraf (5 lebih baik). Paragraph pertama adalah introduksi, dua atau tiga paragarf selanjutnya adalah isi essainya, dan yang terakhir adalah kesimpulan.

Yang pertama dilakukan adalah memahami apa jenis topik yang anda dapatkan.
Kemudian:
  1. untuk jenis argument – anda harus menjelaskan kedua sisi dan menyepakati salah satunya
  2. untuk jenis pendapat – anda harus menyajikan sudut pandang yang lain dan menyebutkan satu yang anda setujui beserta alasannya.
  3. untuk jenis masalah – anda harus menjelaskannya, mendiskusikannya dan menawarkan solusi lalu mendiskusikannya.
Apapun jenis essai yang anda tulis, anda harus menyediakan beberapa fakta, bukti dan informasi. Saat anda menjelaskan masalahnya – evaluasi; sebutkan untuk kapan/di mana/siapa masalah menjadi sulit. Jika anda menyajikan sebuah ide untuk solusi – diskusikan; sebutkan sisi yang baik dan buruknya. Tambahkan contoh dari pengalaman anda pribadi untuk mendukung apa yang anda kemukakan.

Pada essai manapun bagian informasi yang logis sangatlah penting. Melompat dari satu ide ke ide lainnya sangatlah buruk bagi skor anda, semua ide haruslah terhubung dengan logis. Hal penting lainnya adalah kata-kata yang “pintar” – cobalah gunakan mereka sebanyak yang anda bias, karena ini juga mempengaruhi skor anda. Tanda baca pun penting. Perhatikan beberapa Contoh Writing Task 1 dan Writing Task 2 di sini. Dokumen ini berasal dari situs resmi IELTS – dapat dipercaya. Teruslah berusaha!

Artikel Terkait