Rabu, 24 Februari 2010

Biar sukses, Pahami Aturan dan Format Tes dalam IELTS

Pentingnya poin yang harus diperoleh saat mengikuti tes IELTS membuat anda sebaiknya mempersiapkan diri jauh hari sebelumnya. Salah satu persiapan yang dapat anda lakukan adalah membuat anda terbiasa dengan format tes yang akan anda hadapi nanti.


Ada dua jenis IELTS: IELTS Academic dan IELTS General Training. Komponen Listening dan Speaking boleh jadi sama saja formatnya pada kedua tes. Tetapi akan berbeda pada komponen Reading dan Writing.

Secara umum, IELTS academic diperuntukkan bagi mereka yang hendak melanjutkan studi di negara berbahasa Inggris. Pendaftaran Undergraduate atau Postgraduate biasanya meminta pelamarnya menyertakan hasil IELTS dalam aplikasi mereka. Sedangkan IELTS General Training memiliki format tes yang cenderung difokuskan pada kecakapan berbahasa sehari-hari di sekolah atau di tempat kerja. IELTS General Training memang diperuntukkan bagi mereka yang hendak melanjutkan studi di sekolah menengah, bekerja, atau bahkan bermigrasi ke negara berbahasa Inggris.

Bacalah informasi yang terdapat dalam buklet bagi kandidat tes yang menyediakan informasi lengkap mengenai cara merespon dengan benar terhadap setiap bagian tes. Anda dapat juga mengumpulkan salinan formulirnya di tempat anda mendaftar tes. Bacalah juga peringatan bagi kandidat agar anda tak salah memilih tes.

Anda juga dapat mencari tahu makna setiap level atau tingkatan dalam table pita skor IELTS. Ini dapat membantu anda mengukur kesiapan anda menghadapi tes tersebut. Pahami juga apa yang diminta oleh penguji dalam tes Speaking dan Writing dengan membaca kriteria penilaian.

Percaya pada faktanya saja. Ada banyak mitos dan rumor yang beredar tentang tes IELTS ini. Janganlah mempercayainya jika tak ada fakta atau bukti nyata. Mempercayai hal tersebut hanya akan mengganggu konsentrasi anda.

Intinya, perbanyaklah informasi yang jelas tentang tes IELTS ini sebelum anda menjalaninya agar anda dapat mempersiapkan diri sebaik mungkin sehingga meraih poin yang memuaskan.