Kamis, 18 Februari 2010

IELTS: Meningkatkan Kemampuan Mengeja



IELTS Kampung Inggris Pare
Sebagian orang dapat dengan penuh percaya diri berbicara layaknya Presiden Barack Obama dan penuh keanggunan layaknya Hilary Clinton, sebelum anda meminta mereka mengeja kata-kata yang paling mudah sekalipun. Mereka kehilangan kata dan tergagap menjawabnya.

Saat ini, dunia dipenuhi dengan akronim, pesan singkat, dan pemeriksaan ejaan, lalu kapan setiap orang perlu mengeja? Terkadang kita betul-betul memerlukan kemapuan mengeja yang baik, terutama jika kita masih bersekolah. Jika anda sedang di kantor dan diminta melakukan suatu presentasi, anda tentu ingin dapat mengenali kesalahan pada selebaran dan presentasi visual anda. Ingatlah – layanan periksa ejaan hanyalah sebagus yang programmer ciptakan. Anda sendirilah cara terbaik untuk meningkatkan kemampuan mengeja anda.

Tidak percaya? Silahkan baca tips berikut.

  • Lakukan sesuatu dengan cermin anda selain melihat refleksi diri anda. Sebagian besar orang bercermin beberapa kali setiap harinya. Tulislah kosakata baru atau yang sulit dieja pada secarik kertas. Tempelkan pada cermin dan tempat bedak anda. Setiap kali anda menatap cermin, anda akan melihat kata tersebut, dan segera anda akan tahu betapa mudahnya mengeja.
  • Berhenti bergantung pada program periksa ejaan. Jika anda selalu bergantung pada fitur periksa ejaan, anda tak akan pernah bisa mengandalkan otak anda. Hindari melakukan perubahan dengan ejaan sugestif; fokuskan pada cara kata tersebut seharusnya dieja dengan benar.
  • Sebuah frasa yang cukup popular “satu apel sehari, menjauhkan dokter”. Frasa yang mirip dengannya adalah “satu buku sehari, mengencerkan otak”. Semakin banyak anda membaca; semakin banyak kata yang anda pelajari.
  • Kebanyakan orang tak dapat menghentikan dirinya mencorat-coret saat mereka memiliki pulpen atau pensil ditangannya. Mengapa tak mencoret secara konstruktif? Membuat coretan disekitar kata-kata yang sulit dieja (ide yang cukup bagus untuk dilakukan oleh orang tua bersama dengan anaknya) dan lihatlah seberapa cepat anda berhasil mengejanya.
  • Saat anda membaca buku, majalah, dan koran, tuliskan kata-kata yang kurang familiar atau melingkari atau menandainya (pastikan anda tak melakukannya pada buku pinjaman dari perpustakaan).hal ini dapat membantu anda mempelajari kata-kata baru dan meningkatkan kosakata anda.
  • Miliki sebuah jurnal ejaan. Setiap kali anda menemukan sebuah kata yang tak anda ketahui, tuliskan. Jurnal ini dapat digunakan kelak sebagai cermin kata anda.
  • Gunakan program lunak untuk mengeja. Program lunak cukup baik untuk anak-anak dan orang dewasa.

IELTS Kampung Inggris Pare
Belajar IELTS
Extract picture from laddyfields.com