Sabtu, 24 Oktober 2015

Mitos vs Fakta Tentang Tes IELTS (Part 1)



Saran yang salah tentang IELTS terkadang muncul, oleh karena itu anda harus lebih berkonsentrasi pada bagaimana caranya untuk meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris anda. Selalu berlatih setiap hari dan ikuti saran serta panduan resmi dari ahlinya. Berikut ini beberapa mitos dan fakta yang cukup banyak beredar luas tentang IELTS:

1. Mitos: IELTS itu terlalu sulit
Faktanya, IELTS tidak lebih sulit dari tes lainnya. Pertanyaan-pertanyaan yang diberikan tepat tujuan dan dirancang untuk dapat menilai seberapa bagus anda dalam berbahasa Inggris – bukan untuk menipu anda atau mengetes pendapat anda. Sama dengan tes lainnya, IELTS juga membutuhkan persiapan. Dan yg harus diingat tidak ada kata lulus atau gagal dalam tes IELTS. Nilai hasil tes IELTS ini dibagi menjadi 9 skala (nilai 1 yang terendah dan 9 adalah yang tertinggi). Skala ini masih tetap konsisten hingga lebih dari 20 tahun.
Nilai yang anda butuhkan tergantung pada kebutuhannya, untuk mengajukan visa atau untuk masuk ke organisasi/institusi tertentu. Selalu ingat untuk memeriksa berapa nilai yang dibutuhkan sebelum melakukan tes.

2. Mitos: Jika saya melakukan tes di negara asal saya, saya mungkin akan mendapat nilai yang lebih baik.
Faktanya, penting untuk dimengerti bahwa tingkat kesulitan tes IELTS akan tetap sama, tidak peduli dimanapun anda mengikutinya. Pikirkan dimana anda merasa paling nyaman dan percaya diri untuk mengikuti tes IELTS ini.
Penting juga untuk diingat bahwa makanan yang baik dan tidur yang cukup akan membuat badan anda lebih fit sehingga dapat membantu memberikan performa yang terbaik saat anda mengikuti tes ini. Perhatikan berapa lama waktu tempuh dari tempat anda tinggal ke tempat tes, dan berusaha lah untuk datang lebih cepat dari jam pelaksanaan tes.
Ingatlah bahwa seluruh penguji dalam tes IELTS di setiap negara memiliki tingkat pelatihan yang sama dan terus dimonitor untuk meyakinkan bahwa mereka memberikan nilai yang sesuai untuk anda dalam tes tersebut.

3. Mitos: Jika saya tersenyum dan membuat penguji tertawa saat tes speaking, saya mungkin akan mendapatkan nilai yang lebih bagus.
Faktanya, senyuman dapat membantu anda untuk merasa lebih santai yang mana mungkin akan membantu anda agar dapat menjawab semua pertanyaan dengan lebih tenang.
Setiap penguji dilatih dan dimonitor secara mendalam agar dapat memberikan nilai yang sebenar-benarnya untuk setiap peserta dan hanya menilai tingkat kemampuan berbahasa Inggris anda saja. Penguji tidak akan memberikan anda nilai lebih hanya karena senyuman dan tawa.
Masih ada mitos dan fakta lainnya yang belum dibahas, akan dibahas di artikel-artikel selanjutnya.

IELTS Kampung Inggris Pare

Belajar IELTS

Rabu, 23 September 2015

Questions Answers from the ex-IELTS Examiner



These are common questions that are often asked by student learns for IELTS. The one who answer these questions is Mr Simon, an ex-IELTS Examiner.

Selasa, 01 September 2015

ESSAY IELTS TASK 1: Fishing Village Development






Fishing Village Development


The diagrams below show the development of a small fishing village and its surrounding area into a large European tourist resort. 

Summarise the information by selecting and reporting the main features, and make comparisons where relevant. 
Write 150 words.


Sample Answer:

The development of a small fishing village and its ambiance in Europe has been plainly shown in these two diagrams from 1974 to 2004. Overall, there was a massive rise in total population 130,000 in 2004, where was used to be 12,000 in 1974.

In 2004, the number of hotels had changed the harbor and the boats along the beach. In the same time, the woodland simply switched to golf course, and olive plants entirely replaced with farmland (fruit and vegetable for hotels). It was a curvy road as a result of demolishing cattle: sheep and goats which significantly showed through the beach.

Also, there were several fundamental changes for a village which is near to the mountain, where the village council added tourist shops, connected to the farmland and homes of locals in 2004. Interestingly, the original village had no changes in between 1974 and 2004.

In conclusion, the development of total population in a small coastal village is boomed in a large tourist place. 

Note:  This model has posted in TestBig.com with a keyword: eddysuaib, a site for submitting an essay and literally which have thousands of readers worldwide, as syndicated across the globe. 

Sabtu, 22 Agustus 2015

Agar Karangan (IELTS) Mudah Dipindai



Sebagian besar di antara kita mengira bahwa pembaca membaca karya kita dari awal hingga akhir. Sayangnya, anda tidak bisa mendikte bagaimana pembaca dapat menyerap isi karangan anda. Sebaiknya, anda meluangkan waktu meneliti apa yang diinginkan oleh pembaca dan menyesuaikan karangan anda dengan keinginan mereka.

Rabu, 22 Juli 2015

Successful Test Taker in Speaking IELTS


 To be a successful test taker, he or she has to make a good preparation by doing a lot of practices before taking the test. Yes, ‘be ready’ seems to be an obvious thing to achieve a good score. The meaning of ‘ready’ here does not mean that test taker has to go abroad previously. The words ‘be ready’ cover the awareness of the test taker on the form of the test it self, including its timing and instruction. Even, there is no guarantee for someone who has lived abroad to be able to get high score automatically. Well, test taker may not think this test is ‘piece of cake stuff’ then does not check the form of it at all.

Selasa, 16 Juni 2015

Grammar IELTS: Intensifier




Kita menggunakan kata seperti: very; really dan extremely untuk memperkuat kata sifat yang kita gunakan, contohnya:

  • It’s a very interesting story.
  • Everyone was very excited.
  • It’s a really interesting story.
  • Everyone was extremely excited

Kita menyebut kata-kata semacam ini dengan intensifier. Intensifier lainnya diantaranya adalah:

amazingly – exceptionally – incredibly – remarkably – particularly

IELTS: Kesalahan Umum Pada Listening


Mungkin sebentar lagi ada beberapa dari anda yang akan mengiktui tes IELTS, tentunya ada banyak hal yang harus anda perhatikan dan persiapkan sebelum mengikuti tes IELTS. Sebelum mengikuti tes, ada baiknya anda memperhatikan beberapa kesalahan yang terjadi saat tes IELTS berlangsung, terutama ketika sesi listening.


Dalam tes IELTS sesi listening dibagi menjadi 4 bagian. Sebelum memulai sesi listening anda akan diberikan intruksi dan akan diberikan waktu untuk melihat soal dari sesi ini. Setelahnya anda akan diperdengarkan sebuah wacana, dan anda harus mendengarkan dan menuliskan jawaban anda. Anda akan menuliskan jawaban anda dilembar soal listening, tepat di samping pertanyaan dari jawaban yang anda tulis, sebelum anda memindahkan jawaban anda ke lembar jawaban.

Rabu, 03 Juni 2015

Saran Baik dan Buruk: Merancang Karangan IELTS


IELTS Kampung Inggris Pare
Contoh Writing IELTS
Bagi anda yang sedang mempersiapkan diri menghadapi tes Writing pada ujian IELTS, berikut adalah saran yang bisa anda pertimbangkan.


Saran yang buruk – berikan diri anda waktu sebanyak mungkin untuk menulis

Salah. Pembagian waktu bisa jadi suatu masalah saat menulis karangan, namun cara menyelesaikan karangan anda bukanlah dengan memulai menulis dengan cepat. Akan berbeda, sesungguhnya, bagi orang berbeda pula, namun saran terbaik adalah dengan meluangkan waktu untuk merancang karangan anda. Maksudnya, jika anda tahu apa yang ingin anda sampaikan dan jika anda tahu kata yang akan digunakan, anda akan menulis dengan lebih cepat dan lebih akurat ketimbang anda langsung menulis setelah dua menit membaca pertanyaan. Beri waktu untuk diri anda. Berapa lama yang anda perlukan untuk menulis 250 kata? Jika anda tahu yang ingin anda sampaikan, jawabannya tak akan lebih dari 20 menit. Sekarang pertimbangkan mana yang lebih baik, pikirkan apa yang akan disampaikan sebelum mulai menulis atau sambil anda menulis. Pilihan di tangan anda.

Seperti Apa Karangan Persuasif IELTS

IELTS Kampung Inggris Pare
 Menulis Karangan Persuasif

Hal-hal berikut biasanya cukup mewakili minimum elemen tentang isi karangan persuasif IELTS:

Ada manfaat yang jelas bagi pembaca. Perjelas pada pembaca langsung sejak awal apa yang bermanfaat dalam bacaan tersebut bagi mereka. Biarkan mereka tahu mengapa mereka ingin membacanya dan apa yang bisa mereka dapatkan dari bacaan tersebut. Jika tidak, pada akhirnya anda hanya akan membuat karangan bagi mereka yang sudah mengetahui sudut pandang anda, karena orang lain mungkin tak memiliki alasan untuk melanjutkan membaca setelah bagian introduksi. Ulangi hal ini setidaknya dua kali – satu kali di awal dan satu lagi di akhir karangan.

Tetap fokus pada setiap poin. Setiap bagian diskusi anda sebaiknya melingkupi sebuah poin yang mendukung argument utama anda.

Cara Cepat Memperkaya Kosakata IELTS-2


IELTS Kampung Inggris Pare
Seperti yang pernah kita bahas (di sini), topik kali ini 'Selalu Berhubungan' adalah cara yang bisa anda coba dan terapkan untuk menambah kosakata bahasa Inggris anda.

Kunci memori yang baik adalah imajinasi yang aktif. Otak manusia adalah organ yang mencari sensasi, maka jika anda terus menatap kata yang ingin anda hafalkan, otak anda mungkin akan mulai menunjukkan keahliannya dan menemukan sebuah cerita yang cukup gila untuk membantu anda mengingat kata tersebut. 
 
Mungkin anda bingung dengan penjelasan tersebut. Misalkan kata yang ingin anda hafalkan adalah “evolve”. Mungkin saja anda sulit menghafal maknanya sebagai “ perkembangan dan kemajuan bertingkat”, lalu otak secara tiba-tiba membuat sebuah cerita yang menghubungkan kata “evolve” dengan Volvo (merk mobil). Tak akan sulit menemukan sebuah cerita yang bisa dihubungkan kata yang ingin anda hafalkan. Anda cukup membiarkan otak anda berimajinasi sendiri dan dalam sekejap anda sudah menemukan ceritanya dan dapat menghafalkan kata tersebut sekaligus.