Cara Cepat Memperkaya Kosakata IELTS-1 | IELTS Eddy Suaib

Cara Cepat Memperkaya Kosakata IELTS-1

Posted On //

IELTS Kampung Inggris Pare
Kosakata seringkali menjadi penghalang bagi kesuksesan anda menghadapi ujian bahasa. kata-kata yang sulit membuat anda harus berpikir keras untuk menemukan makna dari kalimat pertanyaan yang harus anda jawab. Berikut beberapa cara untuk menambah pundi-pundi kata anda agar anda siap menghadapi ujian bahasa.

 1. Mengenali keluarga kata
Gunakan pengetahuan grammar kata anda untuk memperluas kosakata anda. Pengetahuan tentang jenis kata yang berbeda dan akhiran yang digunakan untuk membentuknya akan membantu anda menambah pundi-pundi kata anda. Misalnya, jika anda menemukan kata “evasive” dan mencari dalam kamus, anda akan menemukan turunan katanya seperti berikut ini:

noun
verb
adjective
adverb
evasion
evade
evasive
evasively

Selain itu, pengetahuan tentang awalan (prefix), akhiran(suffix) dan kata dasar (root) akan membantu anda menafsirkan dan menghafal sebuah kata, karena anda menganalisanya melalui elemen pembentukannya.

prefix
prefix
root
suffix
suffix
Un
Pre
dict
able
-
-
In
Act
iv
ity
-
omni
potent
ial
ism
-
extra
ordin
ar
ily

2. Kebiasaan menempatkan dalam kalimat
Jika anda harus mengingat sebuah kata seperti “reluctant” dan tak dapat melakukannya, mengapa tak mencoba menemukannya dalam kalimat? Anda bahkan dapat memikirkan sebuah kalimat dalam bahasa ibu anda dan menempelkan kata “reluctant” di mana pun menurut anda cocok. Mari perhatikan contoh berikut:
  • My aunt Stella made her famous cheese cake and made me taste it forgetting I am lactose intolerant. I was completely reluctant to cooperate due to my lactose issue.
Silahkan anda membuat kalimat dalam bahasa anda sendiri. Cobalah untuk membuat sesuatu yang lucu dan menarik dan masalah anda selesai!

3. Mengelompokkan kata dengan kata lain yang berkaitan
Cara lain untuk mengumpulkan lebih banyak kosakata adalah dengan menggunakan tema sumber kosakata, terutama untuk konsep konkret dasar, seperti “warna/colors”, “tubuh manusia/human body”, “sayuran/vegetables”, “hewan ternak/farm animals”, dll. Tema-tema tersebut biasanya disajikan bersama gambar ilustrasi yang besar yang memvisualisaikan setiap katanya. Kamus bergambar dan buku teks biasanya memiliki bantuan visual yang demikian. Ketika temanya lebih abstrak, misalnya “nilai/values” atau “kejahatan dan hukuman/crime and punishment”, anda dapat menemukan teks yang sengaja ditulis yang menyertakan banyak kata dan ungkapan yang saling berkaitan, diikuti dengan latihan kosakata. Lagi-lagi, adalah konteks dari gambit yang besar yang merupakan jalur utama bantuan anda dalam mengingat kata. Baik tema kosakata konkret maupun abstrak biasanya diikuti oleh latihan kosakata yang memperkuat penggunaan dan penghafalannya di kemudian hari.

IELTS Kampung Inggris
Belajar IELTS

Extract picture from HASLOO

Artikel Terkait