Seperti Apa Karangan Persuasif IELTS | IELTS Eddy Suaib

Seperti Apa Karangan Persuasif IELTS

Posted On //
IELTS Kampung Inggris Pare
 Menulis Karangan Persuasif

Hal-hal berikut biasanya cukup mewakili minimum elemen tentang isi karangan persuasif IELTS:

Ada manfaat yang jelas bagi pembaca. Perjelas pada pembaca langsung sejak awal apa yang bermanfaat dalam bacaan tersebut bagi mereka. Biarkan mereka tahu mengapa mereka ingin membacanya dan apa yang bisa mereka dapatkan dari bacaan tersebut. Jika tidak, pada akhirnya anda hanya akan membuat karangan bagi mereka yang sudah mengetahui sudut pandang anda, karena orang lain mungkin tak memiliki alasan untuk melanjutkan membaca setelah bagian introduksi. Ulangi hal ini setidaknya dua kali – satu kali di awal dan satu lagi di akhir karangan.

Tetap fokus pada setiap poin. Setiap bagian diskusi anda sebaiknya melingkupi sebuah poin yang mendukung argument utama anda.

Buatlah pernyataan yang sangat spesifik. Pernyataan yang terlalu umum dan luas membuat argumen menjadi lemah. Jika anda ingin membuat karangan menjadi persuasif, anda harus menyukai detil, mengutip fakta yang spesifik dan penjelasan yang jelas untuk setiap ide.

Jadilah kongruen. Saat pembaca tahu anda sedang mencoba mengajaknya, mereka akan mencari alasan untuk tidak membeli argument anda. Dan saat anda menyangkalnya di setiap poin, hal tersebut akan memberikannya kebebasan untuk menolak semua ide anda. Kongruensi memberikan kesan bahwa argument anda sudah dipilah dengan baik.

Demonstrasikan kredibilitas anda. Anda melakukannya dengan menggunakan statistik, referensi ahli, kutipan dari sumber yang bertanggung jawab dan informasi otoriter yang serupa untuk tuntutan anda kelak. Sebelum pembaca menerima tuntutan anda, mereka harus menerima data anda, jadi pastikan anda memberikannya informasi yang bisa dipertanggung jawabkan.

Buat penawaran. Tentunya, hal ini dilakukan untuk surat penjualan persuasif dan materi serupa. Namun, anda sebaiknya tidak melewatkannya untuk jenis karangan persuasif lainnya. Penawaran tersebut, dimana anda secara eksplisit menyajikan ide untuk diterima oleh pembaca, menjadi poin yang paling kritis, alhasil memberitahukan seberapa baik bujukan yang lakukan.

IELTS Kampung Inggris Pare
Belajar IELTS



Artikel Terkait