Beberapa
hari lalu saya melakukan training IELTS. Dalam sesi tersebut, seorang student
menanyakan beberapa pertanyaan:
- “Trainer Eddy, Bagaimana memahami ide penyaji yang disampaikannya di dalam ragam tulis (written) dan ragam bicara (spoken)?”
- Dan “sebaliknya, saya sering merasa bingung sendiri dalam menyajikan informasi kepada lawan bicara saya. Mereka hampir sulit memahami maksud saya, mungkin disebabkan model pembangunan ide saya yang kurang tertata dengan rapi.”………………………………
2 hal itu
yang menjadi problem saya selama ini, trainer eddy, sambung student itu. Dan kemudian saya balik bertanya: well,
apakah Anda masih mengalami kondisi itu? Student menjawab: Tidak lah,
trainer. Saya menginginkan perubahan yang signifikan, memahami dan memberikan informasi dengan pembangunan
ide yang cemerlang memudahkan komunikasi. Saya pun menjawab: okelah, kalau
Anda menginginkan perubahan, silahkan catat prinsip yang saya berikan.
Prinsip yang
saya sampaikan hari ini tentang discourse markers.