IELTS Speaking Module Part 2 – apa yang diharapkan? | IELTS Eddy Suaib

IELTS Speaking Module Part 2 – apa yang diharapkan?

Posted On //
Bagian kedua pada tes Speaking IELTS adalah speech (atau dikenal sebagai Cue Card talk). Penguji member anda sebuah kartu dengan sebuah topik dan 3-4 pertanyaan. Kemudian anda memiliki waktu 1 menit untuk mempersiapkan speech singkat di kepala anda, jika anda mau anda dapat mencatat poin-poin yang akan disampaikan pada kertas. Setelah satu menit berakhir, anda harus mulai berbicara dan teruslah berbicara selama 1-2 menit.

Berikut sebuah contoh kartu dari situs resmi IELTS:
Jelaskan sesuatu milik anda yang sangatlah penting bagi anda. Anda haruslah menyebutkan:
  • Darimana anda mendapatkannya
  • Berapa lama anda memilikinya
  • Apa kegunaannya bagi anda
Dan jelaskan seberapa penting barang tersebut bagi anda.
Seperti yang terlihat, tugas utama anda di sini adalah untuk MENJELASKAN suatu hal. Jadi cobalah untuk melakukannya sebaik yang anda bisa. Sangatlah penting bagi anda untuk menyebutkan SETIAP pertanyaan yang ada pada kartu. Cara terbaik untuk menyatakannya adalah dengan penggunaan 2-3 kalimat untuk setiap pertanyaan. Dengan demikian speech anda akan berlangsung setidaknya selama satu menit – waktu minimal anda berbicara.

Perfect Practice makes Perfect Result
Jika anda menginginkan semua aktivitas di area tes speaking part 2 berjalan lancar, berlatih dengan  baik. Berlatih bisa dilakukan dengan kawan bicara (memerlukan 2 orang) dengan memberikan salinan kartu (Cue Card talk) dan mulai berbicara. Mintalah ke kawan anda untuk member tanda V pada poin yang sudah anda bicarakan. Lalu lihatlah berapa banyak poin yang anda lewatkan dalam speech anda. Jika anda belajar sendiri, anda dapat merekam suara anda lalu dengarkan dan periksa poin yang terlewat.

Berlatih menggunakan waktu juga merupakan ide yang bagus. Anda harus dapat mengira “berapa lama 2 menit berlangsung”. Ketika anda mulai berbicara di hadapan examiner pada IELTS real test, sangatlah baik jika anda tidak melihat jam tangan anda atau menerka-nerka lama waktu 2 menit. Hal ini bisa otomatis terjadi ketika jika anda telah cukup berlatih. Catatan penting: disela-sela training, saya selalu meminta para siswa untuk melakukan self suggestion dengan menggunakan kalimat "saya selalu bisa terjaga selama 2 menit", dan taukah hasilnya seperti apa? Mereka mampu menyelesaikan speech dengan tepat waktu tanpa mesti mengkhawatirkan waktu 2 menit.

Dan yang terakhir, bagi anda yang ingin memperoleh gambaran lengkap seperti apa tes Speaking bagian 2 – berikut contoh pertanyaan, sebuah rekaman dan sebuah transkrip (semuanya terima kasih pada situs resmi IELTS). Selamat menikmati

Artikel Terkait