Jumat, 23 April 2010

IELTS: Aktivitas di Ruang Interview

Permasalahan: Banyak diantara para peserta tes IELTS merasa gugup ketika pertama kali masuk ke ruang wawancara pada saat tes 'Speaking' dan bertemu dengan penguji. Pada fase perkenalan dalam tes speaking banyak peserta berpikir bahwa itu merupakan fase pertama dari tes ini dan mulai berbicara dengan panjang lebar.

Apa yang harus saya lakukan ketika peserta lain yang telah masuk ke ruang wawancara sebelum saya selesai melaksanakan tes speaking-nya?

Yang harus anda lakukan hanya menunggu di luar ruangan sampai penguji atau staf dari pihak penyelenggara tes IELTS datang memanggil anda. Jangan masuk ke ruang wawancara tanpa diminta karena penguji pada saat itu sedang sibuk merekam hasil wawancara dari peserta sebelum anda.

Lalu apa yang harus saya katakan pada penguji saat pertama kali masuk ruang wawancara?

Dengan mengucapkan kata “Hello” saja, cukup.

Apa yang akan terjadi setelah saya duduk?

Penguji mungkin akan mengucapkan sesuatu untuk membantu anda agar merasa lebih santai. Kemudian ia akan mengatakan bahwa wawancara akan segera dimulai dan ia pun akan segera menyalakan alat perekam.

Mengapa wawancara ini harus direkam?
Ini dilakukan sebenarnya untuk kebaikan anda juga. Penguji biasanya akan mendengarkan kambali hasil wawancara anda untuk meyakinkan dirinya bahwa ia telah memberikan nilai yang tepat untuk anda. Selain itu, terkadang tes speaking anda juga perlu untuk ditandai kembali oleh penguji lain jika nilai yang anda dapat saat itu berbeda jauh dengan hasil nilai IELTS anda sebelumnya.