Speaking Band 6 | IELTS Eddy Suaib

Speaking Band 6

Posted On //
Jika tujuan anda adalah mendapatkan Band 6, anda tak perlu berbicara dalam bahasa Inggris yang kompleks – cukup dengan tidak membuat kesalahan dalam bahasa Inggris yang sederhana.

Jangan bereksperimen dengan kata-kata baru selama wawancara – itu bukanlah waktu yang tepat. Gunakan hanya kata-kata dan frasa yang anda yakini.

Contohnya, jika anda membaca sebuah surat kabar di hari sebelumnya dan melihat sebuah kata baru, tetapi anda tidak yakin dengan maknanya atau bagaimana menggunakannya – lupakan saja dalam IELTS.

Tak ada yang akan menghakimi ide-ide anda, hanya pada bahasa Inggris anda. Jika ada sebuah film yang tidak dapat anda jelaskan (favorit anda) dan ada film yang dapat dijelaskan (yang baru saja anda tonton) – pilihlah yang kedua. Mereka tidak tertarik dengan kebenarannya, hanya dengan bahasa Inggris anda.

Anda harus berpikir tentang apa dan BAGAIMANA anda berbicara.

Tunjukkan sebanyak mungkin bahasa Inggris yang anda kuasai. Tak hanya mempelajari kata dan frasa baru, tetapi juga berlatih hingga anda menguasainya.

Jika anda melakukan kesalahan – itu buruk, jika anda mengoreksi diri sendiri – tak seburuk itu. Penguji tidak menghitung kesalahan anda, dan terciptalah kesan yang baik jika anda menunjukkan bahwa sebuah kesalahan yang anda buat tidak disengaja.

Jika anda mengucapkan “economic” ketimbang “economy” dan membuat lebih banyak lagi kesalahan serupa – hasilnya adalah Band 5. Jika anda hanya melakukan sedikit kesalahan serupa – bisa jadi hasilnya Band 6. Jika penguji tak dapat memahami anda – hasilnya Band 4.

Pada Band 7 peserta harus menunjukkan bahwa mereka dapat menggunakan sedikit kosakata khusus. Jelaskan ide-ide dengan sangat baik, sangat jelas, dan jangan hanya gunakan kata-kata sederhana, tapi lebih banyak lagi kosakata khusus, seperti “economic environment”, “favorable conditions”, dan sebagainya.

Artikel Terkait