Senin, 19 April 2010

IELTS: beda Academic, beda General

Hal pertama yang harus anda lakukan saat hendak mendaftar untuk tes IELTS adalah memutuskan jenis tes IELTS Academic atau General yang akan anda pilih.
Tes IELTS Academic biasanya diperlukan untuk melanjutkan studi di luar negeri, sedangkan tes IELTS General biasanya diperlukan untuk melengkapi dokumen imigrasi.

Meski begitu, jangan menerka-nerka – periksa dengan seksama jenis IELTS apa yang memang anda perlukan.

Perbedaan antara kedua jenis tes IELTS ini terletak pada area reading dan writing-nya, sedangkan untuk area listening dan speaking biasanya relative sama.

Perbedaan antara dua jenis tes IELTS ini untuk area reading adalah: dalam tes IELTS Academic anda diharuskan untuk membaca 3 bacaan yang lebih panjang dan sulit. Sedangkan dalam tes IELTS General anda diharuskan untuk membaca 4-5 bacaan yang lebih pendek dan juga lebih mudah dimengerti.

Sementara perbedaan kedua jenis tes IELTS ini untuk area writing adalah: pada tes IELTS Academic anda akan menerima sebuah grafik yang harus anda jabarkan isi dan maksudnya. Sedangkan pada tes IELTS General biasanya anda hanya diminta untuk mendeskripsikan sebuah situasi yang biasa terjadi di kehidupan nyata.

Berlatih dengan menggunakan modul latihan untuk tes IELTS Academic, padahal jenis tes IELTS yang anda perlukan adalah tes IELTS General, sama sekali tidak akan membuat anda kesulitan namun berbeda halnya jika sebaliknya, karena biasanya tes IELTS Academic dibuat degan pertanyaan-pertanyaan yang lebih sulit.