Skor Tinggi Pada IELTS Speaking? | IELTS Eddy Suaib

Skor Tinggi Pada IELTS Speaking?

Posted On //
Banyak peserta yang bertanya-tanya bagaimana cara meraih skor yang lebih tinggi dalam tes Speaking. Salah satu hal penting dalam tes Speaking adalah pengucapan. Saat anda belajar dengan guru, mengembangkan kecakapan pengucapan anda menjadi lebih mudah – ia dapat mengkoreksi anda dan anda dapat mendengarkannya dan cukup tirulah caranya mengucapkan kata.

Tapi apa yang harus anda lakukan jika anda belajar sendiri?
Banyak, sebetulnya!

Pertama-tama, anda dapat menggunakan aplikasi text-to-speech gratis dari internet, seperti di situs ini. “Text-to-speech” sebenar-benarnya berarti bahwa – anda mengetikkan sebuah kata dan program tersebut akan mengucapkannya. Ambil sebuah teks wacana dan mulailah membacanya dengan lantang. Setiap kata yang anda tidak yakin bagaimana pengucapannya, ketikkan di situs tersebut dan klik “Sayi it” untuk mendengarkannya. Ulangi lagi dan lagi hingga anda mengingat cara yang benar untuk mengucapkannya.

Kedua, anda dapat merekam suara anda sendiri – gunakan sebuah computer atau tip rekorder, pemutar mp3, bahkan telepun selular – saat ini tersedia banyak alat yang dapat digunakan untuk merekam suara. Kemudian dengarkan suara rekaman anda dan catatlah kata mana yang salah diucapkan. Mulailah bekerja dengan situs berbicara tadi dan perbaiki.

Ketiga, carilah rekaman berita/radio/apapun yang memiliki suara pembicara bahasa Inggris. Putar rekamannya dan ulangi setelahnya, cobalah untuk meniru cara mereka mengucapkan kata.
Sebuah saran – tidak ada cara yang cepat dan mudah untuk memperbaiki pengucapan yang buruk. Peluang untuk menghilangkan aksen anda sepenuhnya sangatlah kecil – tetapi aksen tidaklah menjadi masalah besar selama anda mengucapkan kata-kata dengan benar, jadi bekerja keraslah memperbaikinya, dan anda akan baik-baik saja menghadapi tes!

Artikel Terkait