Kesalahan IELTS Area Listening | IELTS Eddy Suaib

Kesalahan IELTS Area Listening

Posted On //
Seperti yang kita tahu bahwa tes Listening IELTS terdiri dari 4 sesi. Sebelum setiap sesi dimulai anda akan mendengar beberapa instruksi dan diberikan sedikit waktu untuk membaca sekilas pertanyaan-pertanyaan yang ada di dalam booklet. Baru setelah rekaman mulai diputar dan anda harus mendengarkan serta menuliskan jawaban dari setiap pertanyaan yang ada.

Anda akan menulis semua jawaban tersebut langsung di booklet tes area Listening, disamping pertanyaannya langsung.

Seperti yang kita tahu juga, diakhir tes area Listening kemudian seluruh jawaban tersebut harus disalin ke lembar jawaban yang telah disediakan. Dan inilah bagian yang penting untuk anda perhatikan: beberapa orang melakukan kesalahan dengan menyalin jawaban mereka ke lembar jawaban pada waktu lebih yang diberikan di setiap sesi berikutnya akan dimulai. Ini adalah kesalahan besar, karena sebenarnya waktu lebih tersebut diberikan agar anda dapat berkonsentrasi membaca pertanyaan-pertanyaan untuk sesi berikutnya, inilah waktu untuk anda menganalisa dan mengerti bahasan apa yang akan diberikat pada sesi berikutnya tersebut – bukan waktunya untuk anda melihat kembali jawaban dari sesi sebelumnya atau menyalin jawaban.

Setelah seluruh sesi dalam tes ini (Listening_red) berakhir dan akan diberikan waktu sekitar 10 menit untuk menyalin seluruh jawaban anda ke lembar jawaban dan pada saat inilah anda memang seharusnya melakukannya. Hati-hati dalam menulis, perhatikan baik-baik ejaan kata-perkata, angka dan tanda baca, seperti koma dan titik. Karena hal ini dapat mengalihkan perhatian anda dan kemungkinan akan membuat anda melakukan kesalahan dalam proses penyalinan jawaban ini yang kemudian akan berpengaruh buruk pada nilai hasil tes IELTS anda. 

P.S. Di setiap sesi training, saya selalu menekankan ke para siswa untuk lebih teliti dalam hal ejaan. Salah satu caranya dengan melakuakan Audio-Visual Copy ketika melakukan latihan listening.

Artikel Terkait