Catatan Vocabulary IELTS | IELTS Eddy Suaib

Catatan Vocabulary IELTS

Posted On //

Setelah terbiasa dengan topik-topik IELTS yang ada di website. Kreativitas Anda kembali diuji di sini dengan menyusun catatan vocabulary. Pilihan vocabulary disesuaikan dengan topik yang ada. Catat dengan rapi , sisipkan phonetic symbols memudahkan Anda mengenali pengucapan yang tepat. Phrases, prepositionscollocation dan Indonesian Translation-nya nantinya sangat membantu menghindari common mistakes.

Seorang student pernah menanyakan kepada saya tentang rahasia kuat melakukan hapalan.
Jawaban saya: The greatest secret in memorizing easily is there is no secret. It is information which you don’t know yet.

Let me tell you. Apakah Anda pernah mendengar Memory Techniques? Memory techniques ini pertama kali diperkenalkan oleh Tony Buzan dalam bukunya yang berjudul Study Skills. Di dalam bukunya, Tony Buzan membagi 10 prinsip dasar memory techniques, yaitu:

1. Your senses
Maksimalkan potensi 5 senses yang Anda miliki, sense of hearing, sense of taste, sense of touch, sense of sight, and sense of smell. Ke-5 senses yang Anda miliki mampu membangkitkan sensitive emotion Anda. Melibatkan emotion membuat Anda lebih mudah mengingat informasi.

2. Exaggeration
Buat pikiran Anda seliar mungkin. Kreasikan pikiran Anda dalam bentuk, ukuran, dan suara.

3. Rhythm and movement
Masih ingatkah Anda akan Hikayat Malin Kundang, Tangkuban Perahu, dan cerita-cerita rakyat lainnya? Kapan pertama kali Anda mendengar cerita itu? Di saat umur berapa? Ketika masa kanak-kanak, orang tua sering mendongengkan kita cerita-cerita itu dan sampai sekarang kita masih meningatnya, bukan? Ternyata cerita memberikan efek yang luar biasa terhadap pengaruh perkembangan memory.

4. Colour
Setiap warna mempunyai fungsi yang berbeda dan sangat mempengaruhi alam bawah sadar manusia, kata Juliet Zhu dari Univesity of British Columbia yang melakukan penelitian khusus tentang reaksi otak terhadap warna. Sebagai contoh, warna biru dan merah mampu menyulut reaksi otak. Biru meningkatkan kreativitas otak layaknya bentangan samudra yang biru. Di sisi lain, jika student melihat tulisan merah, otomatis otak mereka akan lebih tertata rapi, tersusun ibaratnya tumpukan batu bata yang membentuk dinding.

5. Numbers
Hapalkan kata-kata di bawah ini sesuai dengan urutan kiri ke kanan dalam hitungan 10 detik!
PAKU, BEBEK, BIBIR, PERAHU, JALAN BERLIKU, ANTING-ANTING, PEGANGAN TONGKAT, KACAMATA

Bisakah Anda melakukan?

Coba mengasosiakan kata-kata tadi ke dalam sebuah Angka 1 sampai 8
1 mirip paku
2 mirip bebek
3 mirip bibir
4 mirip perahu
5 mirip jalan berliku
6 mirip anting-anting
7 mirip pegangan tongkat
8 mirip kacamata


6. Symbols
Apa yang membuat anak-anak cerdas istimewa (gifted) mempunyai kekuatan gaya berpikir (cognitif style) yang begitu dashyat? Jawabnya adalah karena mereka melakukan pemrosesan informasi menggunakan kemampuan pandang yang tinggi (kemampuan tiga dimensi) yang disebut sebagai kemampuan spatial. Ketika baru dilahirkan, seorang anak menjadi lebih kepada visual learner (penglihatan) daripada auditory learner (pendengaran). Anak belajar menerima informasi secara visual kemudian semua yang diterimanya diproses di dalam otak sebagai sebuah informasi.

Penelitian yang pernah dilakukan oleh Melissa Santiago dari Carlos Abizu University di Miami, menunjukkan hal yang sama dimana Santiago menganalisis memori visuospatial 35 ibu dengan memperlihatkan kertas yang berisi enam simbol untuk 10 detik dan kemudian diminta untuk menggambarkan apa yang mereka ingat. Aktivitas ini dilakukan berulang kali dengan perubahan simbol yang ada. Dan hasilnya, 35 ibu itu mampu menunjukkan hasil bahwa memori mereka sama sekali tidak menurun.

7. Order and patterns
Setelah semua langkah di atas Anda lakukan, fun-work berikutnya adalah mengklasifikasikan berdasarkan bentuk, ukuran, warna, simbol semuanya objek-objek yang akan Anda hapalkan. Kegiatan ini memudahkan Anda melakukan ‘recall’ ketika sewaktu-waktu diperlukan.

8. Attraction
Sangat mudah mengingat nama orang atau benda yang pernah kita jumpai ketika objek itu mampu menarik perhatian sensitive emotion kita. Gunakan imaginasi Anda dengan melibatkan seluruh sensitive emotion untuk melahirkan ketertarikan Anda terhadap objek-objek.

9. Laughter
Otak rentan mengalami kerusakan dikarenakan kurangnya oksigen yang diserap. Pastikan otak Anda mendapatkan oksigen dalam rentan waktu 3-7 menit. Hal ini dilakukan untuk menghindari sel-sel otak mengalami kematian, kerusakan batang otak (traumatic brain injury), dan down syndrome (ketebelakangan mental). Jika Anda berharap memaksimalkan daya kemampuan otak, lakukan senam otak dengan cara tertawa tiap hari.

10. Positive thinking
Change your thinking, change your life. James Borg dalam bukunya Mind Power mengatakan pikiran positif selalu membawa hasil yang positif.

Dari semua itu, saya menyarankan untuk membuat catatan vocabulary Anda sekarang juga. Tidak ada kata terlambat untuk mem-improve skil Academic English Anda.

IELTS Kampung Inggris Pare
Belajar IELTS

Artikel Terkait