Pertajam Kepekaan Listening IELTS | IELTS Eddy Suaib

Pertajam Kepekaan Listening IELTS

Posted On //

Saya pernah mendapatkan SMS dari seorang student yang menanyakan “Trainer Eddy, bagaimana cara mempertajam kepekaan listening?” “apakah saya harus menyimak secara regularly program podcast?” “mendengarkan lagu-lagu barat adalah salah caranya?” ataukah “menonton TV channel/DVDs English?” 

Nah, apakah anda juga mempunyai pertanyaan sama? Apakah Anda sering “blank” atau diam terpaku melewatkan dengan begitu saja percakapan yang Anda simak? Apakah hal tersebut akan menguntungkan atau merugikan Anda ketika Anda melakukan TES IELTS? Bagaimana Anda memecahkan permasalahan yang akan timbul?

Untuk menjawab problem tersebut saya perlu mengatakan bahwa cara yang paling tepat yang pernah saya temukan untuk memahami listening adalah dengan mempertajam skil NOTE-TAKING Anda. Di NOTE-TAKING ini Anda akan diperkernalkan simbol-simbol internasional yang biasa digunakan di saat melakukan pencatatan. Kenapa harus melakukan pencatatan? Terbiasa mencatat alur cerita menggunakan simbol-simbol tadi, secara sadar Anda akan mengetahui arah percakapan misalnya Lecturing atau Social life.
Di bawah ini berapa tips melakukan NOTE-TAKING:
  1. Identifikasi Discourse Markers (the signposts) yang sering muncul di dalam ragam bicara (spoken).
  2. Ciptakan mapping atau pemetaan, apakah percakapan mengarah ke lecturing atau social life.
  3. Kembangkan hasil pemetaan dengan men-sistesiskan informasi-informasi yang ada.
  4. Buat Summary Plan.
Dengan melakukan langkah-langkah tersebut mempermudah Anda memahami informasi-informasi penting yang ditemukan di dalam listening dan memberikan hasil yang sempurna dalam menyelesaiakan permasalah ‘understanding’.

IELTS Kampung Inggris Pare
Belajar IELTS

Artikel Terkait